kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.914   16,00   0,10%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Menilik Progres Penyaluran Bantuan Sosial Sembako oleh Sejumlah Bank Himbara


Minggu, 26 Maret 2023 / 14:06 WIB
Menilik Progres Penyaluran Bantuan Sosial Sembako oleh Sejumlah Bank Himbara
ILUSTRASI. Pelayanan Nasabah di sebuah bank milik pemerintah di Jakarta, Selasa (27/12/2022). KONTAN/Baihaki/27/12/2022


Reporter: Arif Budianto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah saat ini tampak membuat simpel penyaluran bantuan sosial sembako, yang sebelumnya disalurkan lewat aplikasi Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) kini bisa langsung ke rekening penerima bantuan.

Hal ini tertuang di dalam surat edaran Kementerian Sosial (Kemensos) pada tanggal 24 Februari 2023 tentang penyaluran bantuan sosial Program Sembako, di mana keluarga penerima manfaat (KPM) akan melakukan penarikan uang tunai langsung dari rekening mereka.

Di dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa bank yang menjadi penyalur bansos tersebut adalah himpunan bank milik negara (Himbara). Lantas bagaimana penyalurannya hingga sejauh ini?

PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI) misalnya, menyatakan bahwa perseroan sebagai Bank Himbara berkomitmen untuk berpartisipasi dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) Program Sembako tahun anggaran 2023 agar dapat diterima masyarakat KPM di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Hingga Februari, BRI Punya 640.000 Agen BRILink yang Tersebar di Seluruh Indonesia

“Sebagai salah satu bank penyalur yang ditunjuk oleh Pemerintah, Bank Mandiri berkomitmen untuk menyukseskan program Bantuan Sosial guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha kepada Kontan.co.id, Jumat (26/3).

Rudi menjelaskan bahwa KPM dapat memanfaatkan infrastruktur yang telah tersedia melalui seluruh jaringan cabang dan ATM Bank Mandiri.

“Adapun, jumlah KPM Sembako Bank Mandiri yakni mencapai 3,92 juta dengan tingkat penyaluran telah mencapai 99,99%,” jelasnya.

PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) juga menyatakan telah menyalurkan program bantuan sembako untuk tahap I dan tahap II tahun 2023. Corporate Secretary BNI, Okki Rushartono Budiprabowo menyampaikan bahwa dengan adanya aturan melalui Surat Edaran Kementerian Sosial (Kemensos), maka Program Sembako tahun anggaran 2023 tidak lagi disalurkan melalui e-warong.

“Kami tentunya siap untuk mendukung dan layanan penarikan uang tunai kepada penerima bantuan,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (22/3).

Okki mengungkapkan bahwa dengan adanya kebijakan tersebut pihaknya yakin seluruh penerima bantuan dapat dengan leluasa mencairkan bantuannya di seluruh channel BNI. Adapun channel tersebut di antaranya outlet, ATM, dan BNI Agen46.

Baca Juga: BNI Salurkan Bantuan Sembako Tahap I dan II 2023 Sebesar Rp 1,8 Triliun

“Terkait data Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dapat kami sampaikan bahwa hingga saat ini, BNI telah menyalurkan Bantuan Sembako untuk Tahap 1 dan 2 2023 kepada sekitar 4,6 juta KPM dengan nominal sekitar Rp1,8 triliun,” ungkapnya.

Selain itu, Okki juga menyebutkan bahwa perseroan juga telah menyalurkan bantuan untuk program keluarga harapan (PKH) tahap 1 tahun 2023 sebesar Rp 2,2 triliun. Bantuan tersebut disalurkan pihaknya kepada sekitar 3,06 juta KPM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×