kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.199   95,00   0,58%
  • IDX 6.984   6,63   0,09%
  • KOMPAS100 1.040   -1,32   -0,13%
  • LQ45 817   -1,41   -0,17%
  • ISSI 212   -0,19   -0,09%
  • IDX30 416   -1,10   -0,26%
  • IDXHIDIV20 502   -1,67   -0,33%
  • IDX80 119   -0,13   -0,11%
  • IDXV30 124   -0,51   -0,41%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,19%

Menilik Transaksi Mobile Banking Himbara di Awal Tahun, Siapa Juaranya?


Rabu, 29 Maret 2023 / 17:37 WIB
Menilik Transaksi Mobile Banking Himbara di Awal Tahun, Siapa Juaranya?
ILUSTRASI. Transaksi Mobile Banking sejumlah bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Tanah Air kian melambung.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi Mobile Banking sejumlah bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Tanah Air kian melambung. Ini dibuktikan dari pertumbuhan yang signifikan di awal tahun 2023.

PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) misalnya, lewat aplikasi BNI Mobile Banking mencatat lonjakan mulai dari pengguna, jumlah transaksi dan nilai transaksi per Februari 2023.

Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo menyebutkan pengguna BNI Mobile Banking pada Februari 2023 yang mencapai 14,03 juta user, melonjak 25% year to year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebanyak 11,22 juta user.

Baca Juga: Pembiayaan Bank Syariah Meningkat Saat Bulan Ramadan, Segmen Ini Jadi Penopangnya

Sementara itu, jumlah transaksi BNI Mobile Banking di Februari 2022 sebesar 104.013.906 transaksi, kemudian di periode yang sama tahun ini menigkat 9,8% menjadi 114.214.069 transaksi.

Namun, Okki bilang, kenaikan tertinggi kinerja BNI Mobile Banking per Februari 2023 justru terdapat di nilai transaksinya. Pihaknya mencatat, nilai transaksi per Februari 2023 mencapai Rp 155,51 triliun, melonjak 49% secara tahunan jika dibandingkan perolehan di periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 104,48 triliun.

"Kinerja BNI Mobile Banking tersebut selaras dengan inisiatif transformasi digital yang dicanangkan BNI. Sebagai dukungan go digital, BNI terus mengembangkan layanan perbankannya melalui teknologi yang terdepan dan mudah digunakan," ujarnya Rabu, (29/3).

Berikutnya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) juga mencatat adanya peningkatan nilai transaksi lewat super apps Livin’ by Mandiri pada Februari 2023, di mana tercatat lebih dari 300 juta transaksi atau tumbuh dari 50% secara tahunan.

Sementara itu, nilai transaksi Livin’ by Mandiri per Februari 2023 juga melonjak yakni sebesar Rp 400 triliun atau tumbuh lebih dari 40% secara tahunan.

“Diperkirakan pencapaian transaksi Livin' By Mandiri di tahun 2023 meningkat sebesar 25% sampai 30% dan user Livin’ by Mandiri diperkirakan meningkat lebih dari 50%,” kata SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi kepada KONTAN.

Thomas mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, Bank Mandiri akan memberikan promo lebih menarik lagi di tahun 2023, dan juga penambahan fitur Livin’ by Mandiri yang semakin lengkap dan semakin memudahkan nasabah dalam transaksi perbankan.

Tak ketinggalan, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BRI) juga menunjukkan pertumbuhan transaksi mobile banking lewat super apps BRImo milik perseroan.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menyebutkan bahwa pengguna pada aplikasi BRImo saat ini tercatat menembus 25,05 juta user.

Baca Juga: BCA Klaim Nilai Transaksi Internet Banking Capai Rp 2.797 Triliun di 2 Bulan Pertama

“Transaksi super apps milik BRI yakni BRImo pada Januari sampai Februari 2023 tercatat sebanyak 120,98 juta transaksi atau tumbuh 111,93% secara tahunan dengan volume mencapai Rp 156,98 triliun atau tumbuh 97,53% secara tahunan,” ujarnya kepada KONTAN.

Aestika menjelaskan, pertumbuhan BRImo yang pesat tersebut tak lepas dari lebih dari 100 fitur di dalam BRImo yang terhubung dengan berbagai agregator atau biller terbaik.

“BRI juga memberikan killer features yang tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Adapun fiturnya adalah Digital Saving, Registrasi BRImo, Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu dan Personal Financial Management,” jelasnya.

Dengan demikian, jika dilihat dari penjelasan di atas maka Bank Mandiri menjadi unggulan transaksi mobile banking di tengah masyarakat lewat super apss Livin’ by Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×