kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menteri Teten Masduki janji angkat UKM naik kelas dan modernisasi koperasi


Rabu, 23 Oktober 2019 / 16:56 WIB
Menteri Teten Masduki janji angkat UKM naik kelas dan modernisasi koperasi
Menkop UKM Teten Masduki saat sertijab di Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM periode 2019-2024  Teten Masduki menggantikan AAGN Puspayoga. Teten menyatakan akan membawa misi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkelaskan UMKM selama lima tahun menjabat.

“Ini mulia kalau kita sama-sama mengembangkan UMKM ini. Pak Presiden bilang Pak Teten UMKM harus naik kelas, jangan dipertahankan terus kalau mikro harus naik ke kecil, kecil ke menengah, menengah lompat menjadi usaha besar,” kata Teten dalam keterangan tertulis pada Rabu (23/10).

Baca Juga: Rupiah terkoreksi tipis sesaat setelah Jokowi umumkan Kabinet Indonesia Maju

Teten mengaku mendapatkan amanah tersebut Presiden Jokowi ingin pembangunan ekonomi Indonesia fokus pada sektor UMKM. Hal itu dipengaruhi oleh situasi ekonomi global yang diprediksi akan mengalami ketidakstabilan dalam beberapa tahun ke depan.

“Jadi UMKM akan jadi andalan presiden untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional, juga penyerapan lapangan kerja. Jadi komitmen Pak Presiden bahwa kerja kita harus semakin signifikan terhadap ekonomi nasional. Kita harus sama-sama menyambut amanah dari Pak Presiden ini,” pinta Teten.

Baca Juga: Melek Digitalisasi, Upaya Koperasi Mengembangkan Potensi Diri

Disamping itu, misi Presiden Jokowi untuk menjadikan UMKM sebagai sokoguru perekonomian nasional. Dukungan akses pembiayaan melalui lembaga keuangan akan semakin mudah dengan hadirnya era revolusi industri 4.0.

“Pak Presiden sudah memberikan dukungan politik yang luar biasa. Nanti UU juga didandani lagi supaya rentan kendali kementerian ini jauh lebih power full karena yang kita urus 60 juta lebih (UMKM). Apalagi targetnya yang 60 juta ini harus naik jangan di mikro terus,” katanya.

Presiden Jokowi juga minta Teten untuk melakukan modernisasi koperasi baik dari aspek kelembagaan, maupun manajerial.

Baca Juga: Upaya genjot produksi susu domestik lewat kemitraan dengan peternak sapi lokal

“Saya diminta Pak Presiden di sini untuk bisa mengembangkan koperasi menjadi suatu institusi yang membanggakan kita semua baik yang ada di sini, maupun di tingkat nasional,” tutur mantan Koordinator ICW ini.




TERBARU

Close [X]
×