kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Meski Melambat pada Mei, Bank Mandiri Tetap Yakin Kredit Tumbuh di Atas 8% Tahun Ini


Kamis, 30 Juni 2022 / 17:09 WIB
Meski Melambat pada Mei, Bank Mandiri Tetap Yakin Kredit Tumbuh di Atas 8% Tahun Ini
ILUSTRASI. Antrean nasabah di kantor cabang Bank Mandiri, Tangerang Selatan, Selasa (29/12). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/29/12/2020.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan kredit perbankan pada bulan Mei 2022 mengalami perlambatan dari bulan sebelumnya. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kredit perbankan secara nasional hanya tumbuh 9,03% secara year on year (YoY). Sementara pada bulan April, kredit sudah tumbuh 9,1%. 

PT Bank Mandiri Tbk salah satu yang mencatat perlambatan pertumbuhan kredit. Per Mei, kredit bank pelat merah ini secara bank only tumbuh 11,4% YoY menjadi Rp 873,88 triliun.

Bank Mandiri tetap menjadi pencetak pertumbuhan kredit tertinggi di jajaran bank-bank besar sejauh ini. Namun, capaian tersebut tumbuh melandai dari bulan sebelumnya yang sudah berhasil mencetak pertumbuhan 12,2% YoY.

Walaupun sedikit melambat, Bank Mandiri masih optimis kredit perseroan secara konsolidasi sampai akhir tahun tumbuh di atas 8% karena kondisi makro ekonomi Indonesia yang kian membaik.

Baca Juga: Bank Mandiri dan CIMB Niaga Sepakat Kredit Titan Energy US$ 450 Juta Berstatus NPL

"Bank Mandiri akan terus mengembangkan berbagai strategi unggulan untuk mempertahankan net interest margin yang optimal dengan melakukan berbagai langkah strategis dalam menjaga pertumbuhan kredit melalui penyaluran kredit secara prudent pada sektor yang memiliki prospek positif," kata Rudi As Aturridha Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri pada Kontan.co.id, Kamis (30/6). 

Hingga Mei, seluruh segmen kredit Bank Mandiri tercatat tumbuh positif. Pertumbuhan tertinggi terutama datang dari sektor perkebunan, jasa konstruksi infrastruktur, industri makanan dan minuman, energi dan air serta jasa keuangan.

Dalam mendorong pertumbuhan di segmen wholesale, strategi Bank Mandiri tidak hanya menawarkan kredit, namun juga senantiasa mengakuisisi potensi sumber pendapatan non bunga antara lain melalui transaksi trade dan cash management

Di segmen ritel, Bank Mandiri terus berkolaborasi menumbuhkan bisnis secara sustain, tumbuh prudent dengan menargetkan sektor spesifik dan value chain melalui proposisi digital yang lengkap, cepat, dan handal.

Di samping itu,lanjut Rudi, Bank Mandiri tetap fokus pada pengembangan layanan digital banking yang akan memberikan kemudahan akses bagi nasabah. Berbagai simplifikasi business process yang dilakukan juga dapat meningkatkan efisiensi operasional. 

Baca Juga: Bank Mandiri Tercatat Semakin Efisien, Ini Buktinya

Dia bilang, Livin dan Kopra by Mandiri menjadi layanan unggulan Bank Mandiri dalam meningkatkan rasio dana murah sehingga cost of fund dapat terus ditekan. 

"Melalui Livin dan Kopra, Bank Mandiri dapat menjangkau seluruh segmen dengan berbagai kebutuhan transaksi finansial nasabah seperti pembukaan rekening baru, transaksi pembayaran, pengajuan kredit, hingga investasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×