kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,00   -18,51   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modalku telah salurkan pinjaman produktif Rp 760 miliar ke 26.000 pengusaha online


Rabu, 18 November 2020 / 10:59 WIB
Modalku telah salurkan pinjaman produktif Rp 760 miliar ke 26.000 pengusaha online
ILUSTRASI. Aplikasi Modalku


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peer to peer lending Modalku terus menyalurkan pinjaman kepada UMKM termasuk pengusaha online di tengah pandemi. Sampai saat ini, Modalku telah memberikan akses pendanaan lebih dari Rp 760 miliar kepada lebih dari 26.000 pengusaha online di Indonesia.

Modalku menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan hingga Rp 250 juta kepada pengusaha online yang berjualan di berbagai platform, termasuk e-commerce, media sosial, aplikasi pesan, serta platform digital lainnya.

Para pengusaha Indonesia juga sudah mulai beralih ke platform digital untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus tumbuh. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pencarian kata kunci terkait penjualan online hingga lima kali lipat di mesin pencari web.

“Peningkatan penggunaan layanan digital di masyarakat selama masa pandemi ini turut mempengaruhi perkembangan bisnis pengusaha online. Pendapatan dari penjualan online di Indonesia pun juga terbukti mengalami pertumbuhan sebesar 54% dibandingkan dengan tahun 2019. Potensi ini menjadi motivasi bagi Modalku untuk bisa menjangkau lebih banyak pengusaha online di Indonesia,” ujar Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan dalam keterangan tertulis pada Rabu (18/11).

Baca Juga: OJK bakal masukkan P2P lending ke dalam aturan soal restrukturisasi, apa alasannya?

Sampai saat ini, kategori platform digital yang digunakan untuk berjualan oleh pengusaha online sebagai peminjam di Modalku sangatlah beraneka ragam. Nominal pinjaman yang diajukan oleh peminjam juga bervariasi, hingga Rp 250 juta dengan rata-rata nominal sekitar Rp 25 juta.

Para pengusaha online bisa mengajukan pinjaman dengan proses persetujuan yang cepat, maksimal 3 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Bunga pinjaman yang dikenakan juga rendah, dimulai dari 2% per bulan yang akan ditentukan berdasarkan profil risiko dari masing-masing pengusaha.

“Fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Modalku sangat membantu untuk penambahan stok barang usaha saya yang bergerak di bidang aksesoris dan alat kesehatan. Selama masa pandemi ini, saya sudah melakukan transaksi pinjaman beberapa kali di Modalku. Hasilnya, bisnis saya mengalami kenaikan omset sebesar 30% dengan adanya penambahan modal dari Modalku,” kata Fifih, salah satu pengusaha online dan peminjam di Modalku.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 18,8 Triliun.

Selanjutnya: Segmen milenial dominasi pinjaman fintech lending

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×