kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Momen Ramadan dan Lebaran Kerek Jumlah Transaksi Gopay


Rabu, 18 Mei 2022 / 13:25 WIB
Momen Ramadan dan Lebaran Kerek Jumlah Transaksi Gopay
ILUSTRASI. GoPay, layanan pembayaran dan keuangan terdepan di Indonesia, resmi menjadi metode pembayaran untuk berbelanja di Indomaret. Masyarakat dapat berbelanja lebih mudah dan praktis secara non tunai dengan GoPay.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gopay catatkan kenaikan jumlah transaksi yang meningkat pesat selama ramadan dan libur lebaran, khususnya di minggu ketiga dan keempat Ramadan seiring dengan periode gajian THR Idulfitri. Tiga transaksi tertinggi GoPay selama Ramadan di antaranya, pembayaran di e-commerce dan produk digital, transaksi Food & Groceries, dan pembayaran transportasi. 

"Data internal kami menunjukkan lonjakan kenaikan jumlah transaksi GoPay tertinggi untuk berbelanja online di e-commerce seperti Tokopedia dan e-commerce lainnya. GoPay juga menjadi pilihan utama konsumen bertransaksi secara online, lebih dari 75% transaksi di merchant payment gateway Midtrans selama April 2022 dilakukan lewat GoPay," ungkap Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay kepada kontan.co.id.

Selain untuk pembayaran di e-commerce dan tagihan, Budi menyebut, konsumen memanfaatkan GoPay untuk pembayaran seperti tagihan dan pulsa, produk-produk digital penunjang gaya hidup dan hiburan seperti pembayaran voucher games, aplikasi berbayar di Google Play, Apple App Store, YouTube Premium, Spotify, Netflix, Viu, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan yang termasuk ke dalam transaksi Food & Groceries di antaranya pembelian GoFood di aplikasi Gojek, belanja di minimarket dan supermarket, hingga pembayaran gerai-gerai makanan dan minuman di pusat perbelanjaan.

Baca Juga: Simak Strategi GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Kembangkan Bisnis Guna Genjot Kinerja

"Jumlah transaksi offline mengalami kenaikan sebesar 3,3 kali lipat selama Ramadan dan libur lebaran, jika dibandingkan Ramadan tahun lalu seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat di luar rumah. Hal ini juga turut didorong oleh masyarakat yang semakin terbiasa bertransaksi menggunakan QRIS dengan GoPay," kata Budi.

Selain itu, transaksi GoPay khususnya di bidang transportasi juga disebut turut terdongkrak. Di antaranya untuk pembayaran GoRide, Gocar, parkir (Secure Parking, dll), dan transportasi publik lainnya seperti MRT dan Bluebird. 

"Selain untuk kebutuhan pembayaran sehari-hari, kami juga melihat pengguna turut memanfaatkan fitur transfer GoPay yang bersifat sosial, seperti tips ke driver, dan donasi untuk berbagi rezeki ramadan secara digital," ujar Budi.

Khusus untuk tip bagi para mitra driver, tercatat Rp 41 miliar yang disalurkan selama Ramadan via GoPay. Hal serupa juga terlihat dari jumlah transaksi donasi meningkat 40% selama bulan Ramadan.

Dibanding bulan biasa Masyarakat juga memanfaatkan layanan donasi dan zakat melalui berbagai kanal, mulai dari fitur GoGive di aplikasi Gojek, platform galang dana, fitur donasi dan zakat di Tokopedia hingga sedekah digital lewat QRIS di lebih dari 400 rumah ibadah dan yayasan yang bekerja sama dengan GoPay. 

Baca Juga: Fokus Goto Gojek (GOTO) Perkuat Penetrasi Pasar di Asia

"Melalui data ini terlihat semangat berbagi yang begitu tinggi dari masyarakat Indonesia. GoPay senantiasa mempermudah masyarakat bersedekah kapan saja dan di mana saja," tambahnya.

Merespons pergeseran perilaku konsumen yang kian memanfaatkan dompet digital sebagai alat pembayaran utama untuk berbagai kebutuhan, GoPay mengaku akan senantiasa mendukung pertumbuhan masyarakat lewat inovasi produk keuangan komprehensif, aman, dan terpercaya untuk beragam kebutuhan finansial. Mulai dari pembayaran, layanan jasa keuangan, hingga investasi. 

Budi mengatakan, bahwa pihaknya senantiasa memperluas fungsi serta pemanfaatan GoPay agar dapat membantu pengguna mengatur keuangannya lebih baik lewat penguatan strategi kolaborasi.

Sederet layanan yang ditawarkan, antara lain lewat integrasi dengan Bank Jago agar pengguna bisa langsung membuka rekening lewat aplikasi Gojek dan membayar layanan Gojek lewat fitur Kantong Jago, serta produk investasi (GoInvestasi) untuk memudahkan masyarakat memilih investasi emas dan reksadana sesuai dengan profil risiko masing-masing. 

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur AutoPay di GoPay di aplikasi Bibit untuk membantu investor rutin berinvestasi, dan pembelian asuransi mikro lewat GoSure. 

Baca Juga: Promo GoPay Mei 2022, Beli Paket Data Indosat Dapat Harga Spesial!

Selain itu, pihaknya di GoTo Financial juga memberikan solusi lengkap untuk membantu pertumbuhan pelaku usaha. Di antaranya dengan Midtrans (payment gateway), Moka dan GoBiz Plus (jaringan point of sales), serta platform GoBiz dan Selly untuk meningkatkan efisiensi usaha secara daring.

"Kami terus meningkatkan penetrasi layanan keuangan digital, untuk konsumen dan mitra UMKM di seluruh Indonesia, dengan menggandeng seluruh ekosistem GoTo untuk memastikan rekan usaha, terutama mitra UMKM, bisa senantiasa tumbuh lewat transaksi nontunai," imbuh Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×