kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Multifinance andalkan cicilan debitur untuk lunasi obligasi


Rabu, 24 Oktober 2018 / 19:16 WIB
Multifinance andalkan cicilan debitur untuk lunasi obligasi
ILUSTRASI. Obligasi Indomobil Finance Indonesia

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan pembiayaan memiliki obligasi yang akan jatuh tempo di sisa tahun ini. Perusahaan multifinance mengaku sudah menyiapkan sumber dana untuk melunasi surat utang tersebut.

Beberapa multifinance menyebut sudah menyiapkan sumber dana internal untuk melunasi obligast tersebut. PT Indomobil Multfinance Indonesia misalnya yang memiliki kewajiban melunasi obligasi sebesar Rp 121 miliar pada November nanti.


"Kami akan melunasi obligasi jatuh tempo dengan dana hasil collection dari nasabah," kata CEO Indomobil Finance Gunawan Effendi, Rabu (24/10).

Menurut dia, Indomobil Finance memang selalu megandalkan angsuran dari nasabah untuk melunasi utang. Termasuk dari penerbitan surat utang. Sehingga upaya refinancing untuk membayar obligasi yang akan jatuh tempo dengan menerbitkan surat utang baru bukanlah menjadi pilihan perusahaannya.

Gunawan menyebut penerbitan obligasi Indomobil Finance selalu ditujukan untuk mendapat modal kerja guna disalurkan lagi kepada debitur. Begitu juga dengan dua penerbitan obligasi yang dilakukan Indomobil Finance di tahun ini dengan nilai lebih dari Rp 2 triliun.

Mengandalkan arus kas internal juga jadi pilihan PT Adira Dinamika Multi Finance. Direktur Adira Finance I Dewa Made Susila bilang cicilan dari debitur sudah mencukupi untuk bisa melunasi surat utang yang diterbitkan perusahaannya.

Dimana tiap tahunnya rata-rata pembayaran angsuran dari nasabah Adira Finance bisa mencapai Rp 37 triliun. "Jadi tentu kami siap untuk membayar obligasi yang jatuh tempo," kata dia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×