kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

NIM boleh turun, tapi bank masih tetap bisa untung


Senin, 25 Februari 2019 / 21:03 WIB
NIM boleh turun, tapi bank masih tetap bisa untung


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasio margin bunga bersih alias net interest margin (NIM) perbankan diprediksi masih bisa menyusut tahun ini. Namun, hal tersebut sudah bisa disiati oleh perbankan agar tetap mampu menopang pertumbuhan pendapatan di tahun 2019.

Alasannya, Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan walau tren NIM perbankan cenderung menurun, namun profitabilitas tercatat tumbuh.

Hal ini salah satunya tercermin dari pertumbuhan laba bersih perbankan yang sebelumnya tumbuh sebsear 14,4% secara year on year (yoy) per akhir 2017 menjadi 23,1% pada akhir tahun 2018.

"Hal ini terjadi di tengah penurunan NIM dari akhir tahun 2017 tercatat 5,32% menajdi 5,14% pada akhir tahun 2018," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (25/2).

Lebih lanjut, hal ini tak lain disebabkan oleh pendapatan bunga bersih perbankan pada tahun 2018 yang masih naik 5,3% yoy. Persentase tersebut sedikit meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni tercatat baru tumbuh 4,5%.

Sementara itu, pendapatan operasional selain bunga juga terkerek naik 12,8% di akhir 2018, membaik signifikan dari tahun sebelumnya yang justru turun 7,3% yoy.

Namun, perbankan menurutnya cenderung menggulung pendapatan tersebut dari keuntungan transaksi spot dan derivatif. Ia pun menegaskan, secara keseluruhan profitabilitas bank cenderung membaik.

Meskipun, di sisi lain nilai cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) bank tercatat tumbuh 3,4% pada akhir tahun sebelumnya yang masih tumbuh hingga 2,8%.

Josua memprediksi, pada tahun ini transmisi kebijakan moneter masih akan terus berlanjut, meningat sepanjang periode Mei hingga Desember 2018 suku bunga kredit secara agregat turun sekitar 27 basis poin (bps) sementara suku bunga DPK sudah naik 108 bps.

"Meskipun profitabilitas perbankan pada tahun ini masih akan ditopang NII (pendapatan bunga bersih) namun pertumbuh pendapatan oeprasional selain bunga juga diperkirakan akan terus meningkat," jelasnya.

Utamanya, bank di tahun ini akan lebih galak mencuil pendapatan non bunga, mengingat semakin kompetitifnya pembiayaan sektor riil melalui pasar modal yakni melalui penerbitan obligasi korporasi.

Praktis saja, hal ini dinilai Josua membuat perbankan bakal meningkatkan efisiensinya. Hal ini pun sudah terbukti, dari rasio BOPO perbankan yang turun menjadi 77,86% dari akhir tahun 2017 yang tercatat 78,64%.

Selain itu, tingkat risiko kredit pun membaik tercermin dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) yang tercatat 2,37% atau turun dari tahun sebelumnya di kisaran 2,6%.

Membaiknya kualitas kredit ini diharapkan bisa membantu mendorong ekspansi kredit perbankan di tahun ini, Josua memproyeksi kredit perbankan di tahun ini bakal tumbuh di kisaran 9% hingga maksimal 11% secara yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×