Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembiayaan ke sektor konsumtif mendorong kinerja PT Clipan Finance Indonesia. Penyaluran kredit perseroan pun melonjak ratusan persen.
Menurut Direktur Clipan Finance Engelbert Rorong, sampai bulan November ini pihaknya sudah menyalurkan pembiayan sebesar Rp 7,2 triliun. Jumlah ini melonjak 138,9% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.
Engelbert menyebut, salah satu penopang pertumbuhan bisnis pembiayaan perseroan adalah karena langkah ekspansif dalam menambah jaringan.
Ia bilang sampai akhir kuartal ketiga saja, pihaknya memiliki 32 kantor pemasaran. Meningkat dari posisi akhir tahun lalu yang baru mencapai sepuluh unit. "Ini belum termasuk beberapa kantor pemasaran yang izinnya baru didapat di kuartal empat," kata dia, Jumat (15/12).
Sementara dari sisi komposisi pembiayaan, segmen kendaraan bekas masih mendominasi portofolio bisnis Clipan Finance yakni mencapai sekitar 55%. Setelah itu, segmen mobil baru memberi kontribusi sebanyak 33%.
Sementara sisanya berasal dari sumber lain semisal factoring, pembiayaan modal kerja dan alat berat.
Melihat capaian ini, ia optmis pihaknya bisa melewati target penyaluran pembiayaan yang dipatok hingga tutup tahun ini. Dimana selama 2017, Clipan Finance menargetkan booking antara Rp 7,5 triliun sampai Rp 8 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News