kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pacu Pembiayaan ke Pelaku UMKM, Bank OCBC NISP Gandeng Hipmi Jakarta


Jumat, 04 November 2022 / 13:04 WIB
Pacu Pembiayaan ke Pelaku UMKM, Bank OCBC NISP Gandeng Hipmi Jakarta
Penandatanganan kerja sama antara Bank OCBC NISP dengan HIPMI di OCBC NISP Tower, Jakarta Selatan (3/11).


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk memacu penyaluran pembiayaan ke sektor UMKM di tengah tekanan ekonomi global yang semakin tidak menentu. Salah satu caranya, Bank OCBC NISP bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Pusat dalam menghadirkan inisiatif JakPusOnPreneurship.

Platform ini diciptakan untuk menghadirkan  sebuah ekosistem kolaboratif untuk mendukung pelaku UMKM tumbuh berkelanjutan (sustainable growth). Kerjasama ini bertujuan untuk menghadirkan serangkaian program mulai dari kurikulum pengembangan bisnis, pelatihan sampai dengan memperkenalkan solusi serta akses keuangan termasuk pembiayaan  bagi anggota HIPMI maupun pelaku bisnis secara luas.

Ini sejalan dengan langkah Bank OCBC NISP dalam memacu pembiayaan berkelanjutan yang di dalamnya menyasar pelaku UMKM. Sampai dengan September 2022, Bank OCBC NISP mencatatkan penyaluran kredit meningkat 12,1% YoY pada akhir September 2022 yang didorong oleh pertumbuhan kredit di semua segmen termasuk pemberian pendanaan berwawasan hijau (green financing).

Heriwan Gazali, Head of Retail Loan Business Bank OCBC NISP mengatakan, aspek pelatihan pengelolaan bisnis yang terkini dan berkelanjutan sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha bagi pelaku usaha. Juga perlu didukung dengan solusi finansial yang praktikal agar para pelaku usaha bisa naik kelas.

Baca Juga: Terancam Dimerger Paksa, Ini 23 Daftar Bank dengan Modal Inti di Bawah Rp 3 Triliun

“Kami memiliki berbagai solusi keuangan baik untuk perorangan yaitu Nyala Bisnis dengan didukung ONe Mobile sebagai digital banking solusi, maupun solusi untuk badan usaha yang didukung dengan Velocity untuk menunjang segala macam transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja. Kami juga mendukung UKM perempuan dengan program pendanaan berbasis gender #TAYTB Women Warrior,” ujarnya di Jakarta pada Kamis (3/11). 

Selain itu, Heriwan menambahkan untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah bisnis, Bank juga memberikan solusi beyond banking agar dapat membantu pengelolaan bisnis lebih baik. Fokus Bank OCBC NISP adalah bagaimana mendukung para pelaku UMKM Indonesia untuk menjadi tangguh dalam menghadapi tantangan bisnis yang cukup menantang di tahun mendatang

Muhammad Riandy Haroen, Ketua Umum BPC HIPMI Jakarta Pusat mengatakan, kerjasama HIPMI Jakarta Pusat dan Bank OCBC NISP diselenggarakan sebagai upaya memberikan dorongan positif terhadap ekonomi Nasional yang mulai berangsur pulih dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Momentum ini perlu kita optimalkan, salah satunya dengan bersama-sama meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan bisnis ke depan, khususnya pada aspek digital, marketing, branding, financial dan juga funding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×