kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,80   -3,96   -0.42%
  • EMAS1.110.000 -1,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandu Sjahrir: QRIS Bakal Bisa Digunakan di Jepang dan Hongkong


Senin, 04 September 2023 / 19:42 WIB
Pandu Sjahrir: QRIS Bakal Bisa Digunakan di Jepang dan Hongkong
ILUSTRASI. Mekanisme pembayaran QRIS akan bisa diimplementasikan di Jepang dan Hongkong dalam waktu dekat. ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/08/2023.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Legacy Lead of ASEAN QR Code Pandu Patria Sjahrir mengatakan, mekanisme pembayaran QRIS akan bisa digunakan di Jepang dan Hongkong dalam waktu dekat. 

Jepang dan Hongkong akan melengkapai kerjasama pembayaran lintas batas menggunakan sistem QR Code di ASEAN yang sebelumnya sudah dilakukan oleh enam negara lainya. 

"Kita juga sedang berbicara dengan ASEAN plus jadi salah satu negara (kerjasama selanjutnya) adalah Jepang, dan juga Hongkong," jelas Pandu dalam konferensi pers ASEAN Business and Investment Summit 2023, Senin (4/9). 

Baca Juga: Indonesia Dorong Kerjasama Lintas Batas Pembayaran QRIS di ASEAN

Menurutnya, rencana ini juga disambut baik oleh Jepang dan Hongkong karena akan ada lebih banyak lagi transaksi lintas batas negara yang memudahkan banyak orang. 

"Karena dari sisi infrastruktur payment karena kita mulai Bisnis ke Konsumen (B2C) dulu, buat konsumen jadi poin simple menurut saya," papar Pandu. 

Pandu mengatakan sejauh ini sudah ada enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Singapura telah bekerja sama menggunakan pembayaran lintas batas QR Code. 

"Semua bank sentral telah bergabung untuk menggunakan sistem pembayaran batas negara yang lebih cepat, lebih hemat biaya, transparan, dan inklusif," papar Pandu. 

Indonesia-Thailand telah meluncurkan pembayaran lintas batas menggunakan QRIS pada 17 Agustus 2021 dan telah telah berjalan sampai saat ini.

Sementara Indonesia-Malaysia telah diluncurkan secara komersial pada Mei 2023 lalu. Sementara Indonesia-Singapura telah melakukan uji coba pada 17 Agustus 2023. 

Sebelumnya, Vietnam juga resmi bergabung bersama Indonesia dalam kerja sama lintas batas pembayaran di kawasan ASEAN melalui perjanjian Regional Payment Connectivity (RPC).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Deputy Governer State Bank of Vietnam Thanh Ha Pham di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (25/8). 

Baca Juga: Penggunaan QRIS Semakin Marak, Netzme Menggelar Turnamen Golf Berbasis QRIS

Kerjasama PRC ini akan menjadi langkah awal Indonesia dan Vietnam untuk menjalin kerja sama QRIS, Fast Payment, hingga sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS). Melalui kerja sama ini, maka turis asal Indonesia bakal bisa berbelanja di Vietnam hanya menggunakan QRIS.

Selanjutnya: Nyaris 7.000, Intip Proyeksi IHSG Untuk Perdagangan Selasa (5/9)

Menarik Dibaca: Besok (5/9), Ada Potensi Hujan Ringan di Bogor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×