kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pefindo Sematkan Rating A dengan Outlook Stabil Kepada BPD DIY


Kamis, 30 Juni 2022 / 19:56 WIB
Pefindo Sematkan Rating A dengan Outlook Stabil Kepada BPD DIY
ILUSTRASI. Gedung kantor bank pembangunan daerah daerah istimewa yogyakarta atau Bank BPD DIY


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat A untuk PT Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan prospek bagi BPD DIY ini ialah stabil.

"Peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat terhadap BPD DIY dari pemegang saham, pasar captive di wilayahnya, dan permodalan yang sangat kuat. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh profitabilitas yang moderat dan semakin ketatnya persaingan pada segmen kredit produktif," mengutip keterangan tertulis Pefindo pada Kamis (30/6). 

Peringkat dapat dinaikkan apabila BPD DIY mampu secara signifikan memperkuat posisi bisnisnya dan melakukan perbaikan signifikan dan berkelanjutan pada profil kualitas aset dan profitabilitasnya.

Baca Juga: Bank Nobu Targetkan Kredit Mencapai Rp 13,5 Triliun Hingga Akhir Tahun

Peringkat dapat diturunkan jika profitabilitasnya terus mengalami pemburukan, atau posisi bisnis melemah secara substansial.

Asal tahu saja, BPD DIY didirikan pada bulan Desember 1961 sebagai bank pembangunan daerah (BPD) dengan fokus pada provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Per 31 Desember 2021, BPD DIY dimiliki 51,2% oleh Pemerintah Provinsi DIY, sedangkan 48,8% sisanya dimiliki oleh beberapa pemerintah kota dan kabupaten di DIY.

"Kegiatan usaha BPD didukung oleh 1.063 karyawan dan jaringan yang terdiri dari 7 kantor cabang, 105 kantor cabang pembantu, dan 100 kantor kas dan titik pembayaran," pungkas Pefindo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×