Reporter: Dyah Megasari |
JAKARTA. Segmen mikro semakin menjadi primadona kalangan perbankan. Buktinya, bank semakin berlomba-lomba memperbesar peranan mereka di sektor itu.
Salah satu contohnya adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). Lewat unit Mikro Laju, bank yang terafiliasi dengan CIMB Group asal Malaysia itu telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 1,2 triliun hingga akhir Desember 2011.
Pencapaian tersebut melesat hebat hingga 352% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar Rp 271,9 miliar. Penambahan jumlah unit Mikro Laju, serta diluncurkannya produk-produk terbaru, merupakan beberapa faktor pendorong pertumbuhan tersebut.
Handoyo Soebali, Director Commercial Banking CIMB Niaga mengungkapkan, penyaluran kredit ke masyarakat melalui unit Mikro Laju CIMB Niaga, diharapkan dapat membantu meningkatkan pengembangan usaha, serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat kecil.
Hingga akhir tahun lalu, unit Mikro Laju telah hadir di pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi, dengan jumlah sebanyak 233 unit. ”Tahun ini, kami berharap jumlah tersebut akan terus berkembang menjadi 350 unit,” beber Handoyo.
Handoyo mengklaim, selain menambah jumlah unit MikroLaju, produk yang ditawarkan juga berperan penting menarik minat nasabah. Saat ini, Mikro Laju hadir ditengah masyarakat dengan fasilitas simpanan dan pinjaman.
Dari sisi simpanan, Mikro Laju menawarkan beragam produk seperti Tabungan Usaha, Tabunganku dan Tabungan Pendidikan. Sementara itu, CIMB Niaga menyediakan dua fasilitas pinjaman, yaitu Kredit Mikro Madya, yaitu pinjaman dengan plafon hingga Rp 50 juta dan Kredit Mikro Utama, yaitu pinjaman dengan plafon hingga Rp 500 juta.
Hadirkan layanan alternate channel
Handoyo menambahkan sebagai bagian dari CIMB Niaga secara keseluruhan, nasabah Mikro Laju juga dapat menikmati keragaman layanan yang terintegrasi. Tak hanya melalui jaringan Mikro Laju yang tersebar di Tanah Air, kini nasabah Mikro Laju mulai diperkenalkan fitur unggulan CIMB Niaga dalam bentuk layanan alternate channels.
Layanan ini merupakan saluran atau media online 24 jam yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan berbasis Teknologi Informasi yang canggih, kapan saja dan dimana saja nasabah berada. Termasuk dalam alternate channels CIMB Niaga adalah ATM, Internet Banking – CIMB Clicks dan Phone Banking.
“Belum lama ini, CIMB Niaga juga melakukan terobosan terbaru dengan meluncurkan layanan Go Mobile. Layanan tersebut dapat diakses dengan mudah dari semua jenis ponsel, untuk menjawab kebutuhan nasabah yang dalam kesehariannya mengutamakan fleksibilitas, kecepatan dan keamanan 24 jam dalam bertransaksi di manapun nasabah berada”, pungkas Handoyo.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News