kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemegang saham restui Al Falah jadi investor Muamalat


Jumat, 17 Mei 2019 / 17:18 WIB
Pemegang saham restui Al Falah jadi investor Muamalat


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Muamalat Tbk menyetujui rencana akuisisi Muamalat oleh Al Falah Investments Pte Limited, Jumat (17/5) di Muamalat Tower.

“Pemegang saham telah menyetujui seluruh rencana aksi dalam rangka penguatan struktur permodalan perseroan. Saat ini statusnya masih dalam proses untuk mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami optimistis dengan masuknya modal maka Bank Muamalat akan berada dalam posisi yang lebih baik dan lebih leluasa untuk melakukan ekspansi bisnis ke depannya,” Kata Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana.

Al Falah akan menyuntikkan dana Rp 1,7 triliun, kemudian ada pula Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa, dan Lynx Asia yang masing-masing juga akan menyetor Rp 250 miliar, dan Rp 50 miliar. Dana tersebut sudah disetor oleh ketiganya di rekening penampung guna menunjukkan keseriusannya.

Ketiga investor Muamalat ini akan menjadi pembeli siaga atas penerbitan 65,22% saham baru (rights issue) senilai Rp 2 triliun. 

Jika rampung, Al Falah, yang salah satu pendirinya adalah Komisaris Utama Muamalat Ilham Habibie akan menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan 50,3% saham.

Selain menggelar RUPSLB, Muamalat juga turut menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Sebanyak enam mata acara dibahas dalam RUPST di antaranya adalah persetujuan laporan tahunan perseroan tahun buku 2018, persetujuan penggunaan laba bersih tahun buku 2018 dan pengakhiran masa tugas direksi, dewan komisaris dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) periode 2014-2019 serta pengangkatan direksi, dewan komisaris dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk periode berikutnya.

Permana menambahkan, dalam RUPST juga diputuskan adanya perubahan susunan pengurus Bank Muamalat dengan menambah satu posisi direktur yakni direktur risiko.

“RUPST memutuskan untuk mengangkat Bapak Avianto Istihardjo sebagai Direktur Risiko Bank Muamalat. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Chief Risk Officer,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×