kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilik Koinworks Akuisisi BPR Asri Cikupa Karya


Kamis, 26 Januari 2023 / 17:27 WIB
Pemilik Koinworks Akuisisi BPR Asri Cikupa Karya
ILUSTRASI. CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono ikut akuisisi BPR Asri Cikupa


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinergi antara fintech dan industri perbankan kembali terjadi. Terbaru, Benedicto Haryono dan Willy Arifin selaku Co-Founder dari KoinWorks mengakuisisi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Asri Cikupa Karya.

Adapun, strategi khusus ini dinilai akan semakin mendorong sinergi antara BPR dan perusahaan fintech di Indonesia.

Langkah yang prosesnya sudah dimulai sejak September 2022 ini ditempuh para pendiri KoinWorks untuk pengembangan bisnis KoinWorks jangka panjang dan memperluas jangkauan pembiayaan KoinWorks dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa depan.

“Afiliasi antara unit BPR kami dengan KoinWorks akan sangat membantu dalam menciptakan inovasi bagi BPR sehingga mempunyai peluang untuk tumbuh melalui partisipasi-nya di ekonomi digital,” ujar Benedicto Haryono dalam keterangan resminya, Kamis (26/1).

Ia melanjutkan akan segera meningkatkan modal inti pada BPR tersebut, sehingga dapat meningkatkan status dari BPRKU 1 menjadi BPRKU 3. Sehingga, semakin banyak produk dan layanan yang dapat diberikan kepada masyarakat.

Baca Juga: Industri Fintech P2P Lending Optimistis Penyaluran Pinjaman ke UMKM Tetap Tumbuh

Sebagai langkah awal, afiliasi KoinWorks dan BPR Asri Cikupa Karya fokus dalam penyediaan produk deposito. Masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening deposito secara langsung di kantor BPR Asri Cikupa Karya yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten, atau melalui aplikasi KoinWorks yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai funding agent.

Sepanjang bulan Januari 2023, nasabah yang menempatkan dana deposito sebesar Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar dengan jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan berkesempatan untuk menerima bunga sebesar 6,25%, sesuai yang dijaminkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Bunga ini tentunya terbilang kompetitif dibandingkan dengan bunga deposito yang ditawarkan oleh bank umum,” imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan inisiatif ini akan membantu KoinWorks untuk mendapatkan pemahaman mendalam akan perilaku dan peran BPR dan nasabahnya dalam lanskap keuangan yang terdigitalisasi untuk membantu BPR berinovasi.

Baca Juga: Transaksi Harian Dompet Digital DANA Naik 150% pada Penghujung 2022

Sebagai rencana lebih lanjut menyusul digitalisasi produk deposito BPR melalui afiliasi dengan KoinWorks, kedua perusahaan ini akan melanjutkan pengembangan best practices dalam mengintegrasikan sistem banking dengan fintech.

“Di masa mendatang, akan tercipta peluang pertumbuhan bisnis bagi kedua pihak melalui partisipasi di ekonomi digital. BPR juga akan memperoleh manfaat dari prinsip-prinsip modern yang penting untuk perkembangannya,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×