kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengelolaan SNAP ke ASPI, Transaksi Open API Pembayaran Perbankan Diharapkan Kencang


Kamis, 14 September 2023 / 20:54 WIB
Pengelolaan SNAP ke ASPI, Transaksi Open API Pembayaran Perbankan Diharapkan Kencang
ILUSTRASI. DANA berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi keuangan pertama yang menerapkan? Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP).


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semakin kencangnya perkembangan teknologi saat ini telah memacu perbankan semakin mengembangkan Open API Pembayaran. Terlebih, pengelolaan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) kini diserahkan ke industri.

Dalam hal ini, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) mendapat mandat untuk mengelola SNAP sebagai self regulatory organization per 1 September 2023. Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) yang mengelola SNAP untuk pertama kalinya.

SNAP sendiri merupakan standar nasional yang ditetapkan BI atas seperangkat protokol dan instruksi yang memfasilitasi interkoneksi antar aplikasi secara terbuka dalam pemrosesan transaksi pembayaran.

Baca Juga: DANA Raih Penghargaan PJP Non-Bank Performa QRIS Terbaik di Bank Indonesia Award 2022

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono bilang pengalihan pengelolaan SNAP kepada ASPI bertujuan untuk mendorong inovasi industri khususnya dalam pengembangan Open API sistem pembayaran. 

Menurutnya, dengan dialihkannya pengelolaan SNAP ke ASPI diharapkan akan terdapat perluasan layanan dan pengguna SNAP ke depan. “Sehingga dapat meningkatkan efisiensi, keamanan, dan inovasi sektor pembayaran di Indonesia,” ujarnya.

Ketua ASPI Santoso bilang bahwa memang sudah saatnya SNAP ini diserahkan kepada industri. Dalam hal ini, ia menyebut akan melakukan pengembangan terhadap platform tersebut.

Memang, Santoso belum menjelaskan secara pasti apa pengembangan yang akan dilakukan. Ia hanya bilang pengembangan  berikutnya akan dibicarakan dengan regulator apa yang perlu dikembangkan.

Baca Juga: Inovasi Teknologi Hubungkan Layanan Perbankan Digital dengan Fintech dan E-commerce

“Kalau yang sekarang kan sudah basic kayak transfer dan cek saldo gitu, nextnya belum ditetapkan persisnya seperti apa,” ujar Santoso.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×