Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi online yang dilakukan melalui e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kian populer sejak pandemi covid-19. Terlebih, platform kredit digital semakin digunakan dalam beberapa tahun belakangan, yang dijadikan sebagai metode pembayaran di e-commerce. Hal itu karena kehadiran pembayaran fleksibel secara berkala yang ditawarkan.
Laporan konsultan Global McKinse menunjukkan, selama bulan Juni peningkatan pembayaran tanpa kontak naik 26%, sementara itu metode pembayaran lain seperti cash dan penggunaan kartu debit maupun kredit mengalami penurunan. Salah satu faktor yang mempengaruhi karena berkurangnya risiko belanja tatap muka dan penggunaan uang tunai saat bertransaksi.
Baca Juga: Koinworks gandeng Pemprov DKI Jakarta maksimalkan pembiayaan produktif
Kredivo sebagai salah satu kredit digital yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan inovasi dan kemudahan yang ditawarkan menjadi kunci dalam penetrasi kredit digital sebagai metode pembayaran di e-commerce, khususnya selama pandemi. Hal ini juga mendorong tingkat kepercayaan konsumen pada e-commerce, dimana transaksi harian di e-commerce melonjak 26% sejak pandemi.
“Selain itu, data internal Kredivo juga mencatat peningkatan cukup stabil terhadap jumlah pengguna baru yang melakukan transaksi di e-commerce. Selama Februrari hingga Juni 2020 jumlah pengguna baru mencapai 42%. Angka ini meningkat dibanding jumlah pengguna aktif Kredivo di akhir bulan Januari 2020,” kata General Manager Kredivo Lily Suriani dalam keterangan resmi Jum’at, (17/7).
Asal tahu saja, di tengah maraknya penggunaan kredit digital, Kredivo telah menerapkan verifikasi data dan pendeteksi penipuan melalui sistem manajemen risiko industri yang mampu mencapai metrik risiko setara bank. Berbagai inovasi ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri e-commerce yang diproyeksikan terus tumbuh meski berada pada situasi pandemi.
“Inovasi yang memberikan akses kredit digital yang nyaman dan aman menjadi solusi bagi masyarakat untuk bertransaksi di e-commerce, terlebih di tengah pandemi pengguna tidak perlu bertatap muka atau keluar dari rumah untuk mengajukan aplikasi kredit. Kemudahan tersebut juga diwujudkan melalui salah satu fitur unggulan Kredivo, Zero-click Checkout, yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang di e-commerce secara instan tanpa perlu log in atau pindah ke aplikasi lain,” jelas Lily.
Baca Juga: ShopeePay bidik transaksi pembayaran digital di 200 gerai McDonald’s
Lily bilang, di sisi lain berbagai kemudahan yang dihadirkan dari transaksi secara digital terus menuntut masyarakat untuk mengatur keuangan dengan lebih cermat. Ia menjelaskan, memahami perilaku konsumen bukan hanya menjadi kunci untuk berinovasi, namun menjadi pedoman dalam melakukan edukasi guna mewujudkan masyarakat digital tang cerdas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News