kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pentingnya Kendalikan Emosi Saat Berinvestasi


Senin, 19 Juli 2021 / 12:00 WIB
Pentingnya Kendalikan Emosi Saat Berinvestasi

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Segala sesuatu yang dilandasi oleh emosi, pada dasarnya tidak baik, termasuk dalam berinvestasi. Emosi hanya akan membawa Anda terpuruk lebih dalam, sehingga hilang kesempatan memeroleh cuan.

Anda harus mampu mengelola emosi ketika berinvestasi. Tidak terlalu larut dalam euforia ketika investasi Anda meraih keuntungan besar. Tetapi, Anda juga tidak marah ketika investasi anjlok dan merugi.

Selalu ingat tujuan investasi Anda. Ingat, kondisi pasar dan kondisi ekonomi tidak pernah statis, selalu ada gejolaknya dan hal ini bisa dipicu oleh berbagai faktor. Selain itu, kondisi ini tidak pernah dapat diprediksi dengan tepat. Akibatnya, seorang investor yang berinvestasi saham cemas dan bingung untuk mengambil keputusan.

Baca Juga: Ini Kondisi yang Memperbolehkan Penggunaan Dana Darurat

Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat mengalami hal ini adalah mengingatkan diri tentang tujuan utama investasi. Anda harus fokus pada tujuan investasi tersebut supaya target yang ditetapkan bisa tercapai.

Sebagian investor mungkin sering mengalami penyangkalan (denial). Seorang investor yang mengamati penurunan harga saham mungkin enggan untuk menjual dan mengakui kerugian. Menjual saham yang terdepresiasi berlawanan dengan kecenderungan emosional untuk tidak mengakui kegagalan.

Emosi ini perlu juga dihindari.  Guna membatasi kerugian, tentukan kerugian yang bisa Anda toleransi sehingga Anda mengetahui batas harga jual saham ketika saham tersebut menunjukkan tren penurunan.

Banyak investor yang serakah, seperti ingin memiliki koleksi semua jenis investasi tanpa memiliki target yang jelas.  Namun, Anda perlu berhati-hati karena semakin tinggi return yang ingin dicapai, berarti lebih banyak risiko yang harus Anda tanggung.

Berinvestasi, jangan pakai ‘urat’ atau emosi. Semua perlu pakai logika dan analisis mendalam, sehingga investasi Anda berada pada jalur yang tepat sesuai perencanaan.

Jika Anda dapat mengendalikan emosi secara maksimal, ada instrumen investasi yang rendah risiko, misalnya deposito. Beruntungnya, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menawarkan program deposito yang patut Anda ikuti.

Selama Juli ini, J Trust Bank menyelenggarakan program referral “Win-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona" J Trust Bank.  Melalui program referral Win-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat.

Program yang telah berhasil pada tahun lalu tersebut dilanjutkan kembali pada 1-31 Juli 2021.

J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan sekaligus melalui program deposito ini. Pertama, bunga deposito tinggi. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust Bank. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor.

Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF.

Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5% per tahun. Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan memperoleh cashback senilai 0,25% per tahun (per annum/p.a) dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silakan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×