kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,76   6,12   0.66%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbaiki kinerja JHT, BP Jamsostek segera pangkas investasi saham dan reksadana


Selasa, 30 Maret 2021 / 17:16 WIB
Perbaiki kinerja JHT, BP Jamsostek segera pangkas investasi saham dan reksadana


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BPJS Ketenagakerjaan alias BPJamsostek berencana memangkas investasi pada saham dan reksadana untuk menekan defisit program jaminan hari tua (JHT) yang membuat lembaga ini mencatatkan risiko unrealized loss atau kerugian secara buku. 

"Instrumen saham dan reksadana memiliki risiko pasar yang menyebabkan timbulnya unrealized loss, di mana sejak Januari 2018 sampai dengan saat ini kondisi IHSG selalu berada pada level yang lebih rendah," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR, Selasa (30/3). 

Hal ini terlihat dari asset matching liabilities (Alma) JHT tidak mencapai 100% karena kondisi pasar modal fluktuatif sehingga mempengaruhi investasi saham dan reksadana. Terlebih, investasi pada kedua instrumen tersebut cukup besar yaitu 23,8% dari total portofolio.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan bidik hasil investasi Rp 33,41 triliun, ini strateginya

Akibatnya, tren rasio kecukupan dana sejak Juli 2018 - Februari 2021 juga tidak sampai 100%. Misalnya saja, pada Juli 2018 kondisi IHSG 5.952 sehingga kecukupan dana sebesar 96,6%. Kemudian Desember 2018, rasio kecukupan dana naik 96,6% seiring menguatnya IHSG di level 6.194.

Guna mengantisipasi risiko kerugian lebih besar, BPJS menyiapkan tiga strategi untuk memperbaiki dana kelolaan JHT. Pertama, mengurangi investasi dari saham dan reksadana kemudian dialihkan ke obligasi serta investasi langsung. 

"Sehingga secara perlahan, kami akan rekomposisi aset untuk meminimalisir risiko pasar yang terjadi seperti saat ini. Nantinya, bobot instrumen saham dan reksadana akan semakin kecil. Tentunya mengurangi dampak dari fluktuasi IHSG," terangnya. 

Baca Juga: Ikuti jejak BI, Bank OCBC NISP lakukan penyesuaian suku bunga dasar kredit

Kedua, melakukan koordinasi secara intensif dengan emiten - emiten yang memiliki kontribusi atas unrealized loss dalam portofolio saham BPJS. Dengan begitu, BPJS bisa mengetahui bagaimana strategi dan prospek emiten itu ke depan. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×