kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,81   0,21   0.02%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Optimistis Pertumbuhan Transaksi Digital Bakal Melesat


Minggu, 03 Desember 2023 / 17:09 WIB
Perbankan Optimistis Pertumbuhan Transaksi Digital Bakal Melesat
ILUSTRASI. Transaksi digital perbankan diproyeksikan bakal terus mengalami pertumbuhan melesat./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/07/2023.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi digital perbankan diproyeksikan bakal terus mengalami pertumbuhan yang melesat, setidaknya dua tahun ke depan. Ini sejalan dengan beberapa inovasi dan penguatan yang dilakukan tiap perbankan.

Bank Indonesia (BI) pun menargetkan transaksi digital perbankan pada tahun 2024 bisa mencapai Rp 71.548 triliun atau setara dengan pertumbuhan sekitar 23,2% secara tahunan (YoY). Pada tahun berikutnya, transaksi digital tersebut targetnya bisa mencapai Rp 85.044 triliun.

“Ekonomi keuangan digital meningkat pesat. Transaksi Ecommerce, digital banking, uang elektronik tumbuh tinggi,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, belum lama ini.

Baca Juga: Lanjutkan Kebijakan, Kredit Bank Ditargetkan BI Tumbuh hingga 12% pada Tahun Depan

Perry bilang untuk sistem pembayaran, digitalisasi terus diakselerasi pada tahun 2024 dengan sasaran akselerasi ekonomi keuangan digital nasional, struktur industri sehat dan efisien, serta infrastruktur aman dan handal. 

Dalam hal ini, pengembangan sistem pembayaran ritel BI-FAST yang interkoneksi, pengembangan pusat data transaksi pembayaran, hingga, perluasan kerja sama QRIS dan BI-FAST dalam ASEAN.

Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi bilang digitalisasi memang akan terus didorong oleh berbagai stakeholder dan dalam beberapa tahun ke depan pergerakannya akan semakin cepat lagi. Ini juga tak terlepas dari kemudahan transaksi digital yang dirasakan oleh masyarakat. 

“Tahun depan kita berharap dapat tumbuh diatas 50%,” ujar Thomas.

Hingga Oktober 2023, Thomas merinci transaksi finansial di Livin by Mandiri mencapai lebih dari 1,9 juta transaksi dan tumbuh 51% YoY. Transaksi yang paling banyak digunakan nasabah yakni transaksi transfer, kemudian transaksi top up & purchase dan dilanjutkan dengan transaksi payment/pembayaran.

Selain itu, Ia juga menyoroti transaksi QRIS yang sangat tinggi pertumbuhannya mencapai lebih dari 400% YoY per Oktober 2023. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin banyak melakukan pembayaran nontunai menggunakan layanan QRIS yang ada di Livin by Mandiri.

“Saat ini kita tengah fokus berinovasi di section Livin' Sukha dan Buka Rekening Valas, serta Transfer Valas,” ujarnya.

Baca Juga: Nilai Transaksi Digital Diramal Tembus Rp 71.584 Triliun pada Tahun Depan

Sementara itu,  Senior Managing Director, Chief Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung bilang pertumbuhan transaksi digital banking di CIMB Niaga akan terus bertumbuh dengan cepat.

“Ini dengan tambahan features, capability and shifting of customer behaviours towards digital banking,” ujarnya.

Ia bilang mayoritas transaksi digital yang dilakukan di OCTO Mobile, secara rinci adalah  55% untuk top up ke e wallet dan 30% nasabah melakukan untuk transfer. Di mana, transaksi digital secara tahunan naik 69% di Octo Mobile.

Sebagai informasi, 97% dari total transaksi nasabah CIMB Niaga per 30 September 2023, telah dilakukan melalui layanan digital banking, seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, dan OCTO Pay.

Tak hanya itu, pengguna dari OCTO Mobile juga tampak terus meningkat dari waktu ke waktu. Di periode yang sama, penggunanya telah mencapai 2,9 juta dengan pertumbuhan mencapai 15,3% secara year to date.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×