kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Perbankan terus mendorong distribusi kartu debit berchip


Jumat, 27 September 2019 / 19:01 WIB
Perbankan terus mendorong distribusi kartu debit berchip
ILUSTRASI. Jumlah rekening tabungan

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kembali maraknya kasus skimming ATM membuat perbankan terus mempercepat implementasi kartu debit bercip. Hingga akhir tahun sejumlah bank bahkan optimistis bisa melampaui target Bank Indoensia untuk mendistribusikan debit bercip. 

General Manager Product Management Division PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI, anggota indeks Kompas100) Donny Bima menyatakan pihaknya juga terus mempercepat distribusi debit bercip. 

Baca Juga: Permudah akses data kependudukan, 14 lembaga keuangan gandeng Dukcapil

Hingga Agustus 2019, Donny bilang perseroan telah mencetak dan mendistribusikan 5,75 juta kartu debit bercip atau setara 60,7% dari 9,46 juta kartu debit perseroan yang masih perlu diganti dengan debit bercip. 

“Hingga akhir tahun kami menargetkan distribusi kartu debit cip bisa mencapai 80% atau setara 7,57 juta kartu. Sementara hingga Agustus dengan jumlah kartu yang didistribusikan sebesar 5,75 juta atau setara 76% dari target,” katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (27/9). 

Untuk mendorong pergantian kartu debit bercip ini, perseroan juga turut mengedukasi nasabah terkait keamanan bertransaksi. Pun sejumlah program digelar BNI untu mendorong nasabah mengganti kartu debit lamanya meski belum jatuh tempo. 

Sementara PT Bank Mandiri Tbk (BMRI, anggota indeks Kompas100) mengaku telah mendistribusikan 6,7 juta kartu debit bercip atau setara 47,4% dari total kartu debit perseroan yang perlu diganti. 

Baca Juga: Penyaluran kredit melandai di bulan Agustus 2019, begini kata bankir

“Hingga akhir tahun kami menargetkan untuk bisa mendistribusikan hingga 7,9 juta kartu atau setara 56% dari total kartu yang beredar. Capaian tersebut akan melampaui target konversi kartu debit bercip dari Bank Indonesia sebesar 50% pada 2019,” kata Senior Vice President Retail Deposit Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang. 

Adapula PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA, anggota indeks Kompas100) yang menargetkan pada Juli 2020 mendatang, seluruh kartu debit perseroan sudah bisa menggunakan cip. Direktur Bisnis Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan bilang hingga kini sudah 90% kartu debit perseroan yang beredar menggunakan cip.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×