kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan tetap optimis KPR masih akan tumbuh hingga akhir tahun


Kamis, 25 Juni 2020 / 18:59 WIB
Perbankan tetap optimis KPR masih akan tumbuh hingga akhir tahun


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) diakui perbankan sempat tersendat selama periode pandemi Covid-19. Selain menurunnya permintaan pasar, hal ini utamanya disebabkan oleh banyak bank yang tengah fokus melakukan perbaikan kualitas kredit seperti restrukturisasi.

Sekaligus, beberapa bank juga telah menetapkan kebijakan yang lebih ketat terkait pemberian kredit di tengah pandemi. Meski begitu, sejatinya realisasi penyaluran KPR masih tetap tumbuh deras. Ambil contoh, PT Bank CIMB Niaga Tbk yang mengatakan sampai dengan Mei 2020 KPR masih tumbuh hampir 10% secara year on year (yoy).

Baca Juga: Pemerintah lelang tujuh seri SUN pada Selasa (30/6), target indikatif Rp 40 triliun

Walau tidak merinci, Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan menuturkan bahwa harus diakui sejak April 2020 penjualan KPR terus menurun karena dampak Covid-19. "Kami harapkan dalam beberapa bulan ke depan bisa kembali normal," katanya kepada Kontan.co.id, Kamis (25/6).

Lebih lanjut, bank bersandi bursa BNGA ini mengatakan pihaknya tetap akan menjalin kerjasama dengan seluruh rekanan, baik pengembang ataupun agen properti. Pasalnya, menurut Lani walau di tengah pandemi sektor properti sejatinya tetap menarik untuk investasi terutama untuk segmen menengah atas atau prima.

"Secara kredit memang lebih ketat, karena kami harus tetap prudent memastikan tidak akan bermasalah dalam pembayaran cicilan," imbuhnya.

Adapun, rata-rata permintaan KPR di perseroan saat ini memang berasal dari nasabah tajir dengan ticket size di atas Rp 1 miliar. Melihat tren yang berpotensi naik, CIMB Niaga optimis KPR masih mampu tumbuh 10% yoy di akhir tahun.

Baca Juga: Pemerintah tunjuk 6 perusahaan asing untuk pungut pajak konsumen

Sementara itu, PT Bank Mandiri Tbk terus berinovasi untuk mendorong penyaluran kredit terutama KPR. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan bilang untuk menunjang proses bisnis dalam era kenormalan baru dan merealisasikan visi menjadi modern digital banking, Bank Mandiri juga telah menyesuaikan proses bisnis KPR melalui platform digital.

"Platform ini dapat membantu calon debitur untuk melihat rumah yang akan dibeli sehingga diharapkan dapat meminimalisir tatap muka dengan sales," katanya.




TERBARU

[X]
×