kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   23.000   1,23%
  • USD/IDR 16.404   -16,00   -0,10%
  • IDX 7.123   28,70   0,40%
  • KOMPAS100 1.037   6,35   0,62%
  • LQ45 808   5,59   0,70%
  • ISSI 223   0,47   0,21%
  • IDX30 422   2,38   0,57%
  • IDXHIDIV20 502   0,52   0,10%
  • IDX80 117   0,70   0,61%
  • IDXV30 119   -0,15   -0,12%
  • IDXQ30 138   0,32   0,23%

Peredaran uang jelang Lebaran Rp 103,1 triliun


Selasa, 06 Agustus 2013 / 16:49 WIB
Peredaran uang jelang Lebaran Rp 103,1 triliun
ILUSTRASI. PT Intiland Development Tbk (DILD)


Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Peredaran uang di masyarakat cenderung meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Bank Indonesia (BI) mendata, jumlah uang yang beredar hingga tutup buku perbankan hari ini, Selasa (6/8), telah mencapai Rp 103,1 triliun.

"Realisasi ini sama persis dengan perkiraan Departemen Pengelolaan Uang (DPU)," ucap Direktur Eksekutif DPU BI, Lambok Antonius Siahaan, Selasa, (6/8).

Dari jumlah tersebut, uang yang yang berputar di luar Jabodetabek mencapai Rp 71,3 triliun. Sedangkan yang beredar di Jabodetabek sebesar Rp 31,8 triliun. Angka di Jabodetabek tersebut malah melebihi perkiraan BI sebelumnya, yaitu Rp 31,1 triliun.

Selasa ini merupakan hari terakhir layanan peredaran uang di perbankan. Lambok bilang, jumlah uang yang masuk lewat penyetoran masyarakat pada hari ini mencapai Rp 1,2 triliun. Sedangkan total uang yang ditarik oleh masyarakat yakni Rp 416 miliar.

Jumlah uang yang beredar menjelang Idul Fitri tahun ini meningkat 20% dibanding tahun lalu. Pada 2012 kemarin, uang yang BI persiapkan selama Ramadan yaitu Rp 85,7 triliun. Naiknya jumlah uang beredar di periode ini antara lain adanya faktor pembagian gaji ke-13 bagi PNS/TNI/Polri dan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×