kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat Transaksi Digital, Etiqa Gandeng Aplikasi Ayo Kenalin


Kamis, 07 Juli 2022 / 21:23 WIB
Perkuat Transaksi Digital, Etiqa Gandeng Aplikasi Ayo Kenalin
ILUSTRASI. Calon nasabah mencari informasi insurance technology (insurtech) melalui kanal digital di Tangerang Selatan, Selasa (28/9). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/28/09/201.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Etiqa Internasional Indonesia (Etiqa) melakukan kerjasama dengan perusahaan start-up fintech, PT Esta Digital Niaga (Ayo Kenalin). Kerjasama ini dilakukan untuk mempermudah nasabah Esta Digital Niaga dalam menjangkau produk asuransi terutama milik Etiqa.

Plt Chief Marketing Officer Etiqa Hendra Kusuma mengungkapkan, melalui kerjasama ini maka pengguna aplikasi Ayo Kenalin dapat mengetahui lebih dalam tentang produk-produk asuransi Etiqa. Sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan asuransi mereka terutama yang berkategori segmen mikro.

“Hal ini sesuai dengan komitmen Etiqa untuk menawarkan proteksi asuransi bagi nasabah dan calon nasabah sebagai upaya perlindungan di saat risiko melanda kegiatan usaha, harta benda, maupun orang-orang terkasih. Kami telah mengoptimalkan peran teknologi digital yang memungkinkan transaksi dapat dilakukan secara online,” kata Hendra dalam keterangannya, Kamis (7/7).

Berdasarkan survei Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada kuartal-1 tahun 2022, pemasaran produk asuransi umum melalui sarana digital di Indonesia masih sangat rendah yakni di angka 0,7%, jika dibandingkan konvensional seperti melalui agen, broker, ataupun direct marketing.

Baca Juga: Victoria Insurance Targetkan Laba Tahun Ini Mencapai Rp 10 Miliar

Persentase tersebut tidak sebanding dengan pertumbuhan digitalisasi kebiasaan masyarakat dalam berbelanja di ranah e-commerce. Karena itu, Etiqa bersama Ayo Kenalin menjalin Kerjasama, menghadirkan informasi mengenai aneka ragam produk asuransi sekaligus sebagai upaya literasi dan edukasi bagi masyarakat.

Tidak heran bila hingga sekarang masih banyak masyarakat terutama pada segmen mikro yang masih belum memiliki produk asuransi. Apalagi, memahami konsep asuransi dan berminat mencari perlindungan melalui perpaduan strategi digital dan jalur distribusi mikro.

“Kolaborasi antara Etiqa dan Ayo Kenalin ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan khususnya produk dan layanan asuransi. Selama ini belum banyak perusahaan asuransi yang menjangkau masyarakat di segmen mikro. Ini sesuai dengan aspirasi Etiqa, yakni asuransi untuk semua kalangan,” ujarnya.

Direktur Utama Ayo Kenalin Erik Natapraja menambahkan, Ayo Kenalin sendiri merupakan aplikasi agregator yang memiliki lebih dari 500 ribu pengguna dan menyediakan berbagai layanan keuangan. Aplikasi Ayo Kenalin juga dapat dimanfaatkan oleh para Agennya untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui sistem referral.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Etiqa, karena dengan kolaborasi ini dapat memperkenalkan dan memberikan manfaat produk layanan asuransi kepada masyarakat luas, khususnya yang berada dalam segmen ekonomi mikro, yang umumnya merupakan masyarakat unbanked di Indonesia,” pungkas Erik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×