kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,12   3,78   0.40%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perluas testing Covid-19, Kredivo alokasikan dana US$ 100.000 untuk tes PCR gratis


Kamis, 25 Februari 2021 / 19:35 WIB
Perluas testing Covid-19, Kredivo alokasikan dana US$ 100.000 untuk tes PCR gratis
ILUSTRASI. General Manager Kredivo Indonesia Lily Suriani, dan Direktur Utama GSI Lab dr. Nino Susanto, B.Eng, MM,


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform kredit digital, Kredivo menggandeng Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) guna memperluas dan mempercepat tes Covid-19. 

Selain itu, Kredivo memberikan donasi dana sebesar US$ 100.000 untuk GSI Lab, yang kemudian dialokasikan menjadi lebih dari 2.000 tes PCR (polymerase chain reaction) yang akan diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

GSI Lab merupakan sebuah kewirausahaan sosial dan pelopor aksi solidaritas untuk mendukung pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan Covid-19 melalui tes PCR yang cepat dan akurat.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu mempercepat tracing sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Terlebih, mengingat testing rate Covid-19 di Indonesia yang belum maksimal dibandingkan dengan standar minimal pemeriksaan dari WHO, yaitu 1 tes per 1.000 populasi setiap minggunya.

Jika disesuaikan populasi Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa, maka diperlukan pemeriksaan PCR Covid-19 minimal kepada 267.000 orang per minggu. Sedangkan dalam beberapa pekan terakhir, jumlah spesimen yang diperiksa berada pada kisaran 26.000-37.000 per hari.

Baca Juga: Permintaan pada sektor fesyen tinggi, Kredivo bidik transaksi paylater di Zalora

“Kami berharap kerjasama kami dengan GSI Lab mampu memberikan akses tes PCR kepada lebih banyak masyarakat, terutama bagi mereka yang rentan namun masih memiliki keterbatasan dalam mengakses tes PCR,” ujar Lily Suriani, General Manager Kredivo Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (25/2).

Sementara itu, Nino Susanto, Direktur Utama GSI Lab menjelaskan, di samping masih banyak orang yang kurang beruntung untuk bisa mendapatkan akses ke tes PCR, kapasitas lab di Indonesia pun masih sangat terbatas. Oleh karena itu GSI Lab lahir untuk menggerakkan berbagai pihak untuk bergotong royong agar negeri ini dapat lebih cepat keluar dari krisis.

GSI Lab sendiri hadir sebagai high-throughput lab PCR berkapasitas besar mencapai 5.000 tes per hari dengan tingkat akurasi dan standar tertinggi.

Adapun sebanyak lebih dari 2.000 tes PCR yang didonasikan Kredivo akan dialokasikan kepada masyarakat secara langsung dan pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (BNPB). 

Kredivo dan GSI Lab berharap ke depannya kerjasama ini akan terus berlanjut untuk Indonesia yang sehat dan kuat, serta dapat menjadi penggerak bagi entitas lainnya untuk bersama menangani COVID-19 agar pandemi cepat berlalu dan roda perekonomian dapat kembali seperti semula.

Selanjutnya: Sederet modal ventura ini bakal makin rajin mendanai start up

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×