kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PermataBank Bersama Bangkok Bank Fasilitasi Transaksi QR Lintas Negara


Rabu, 31 Agustus 2022 / 16:38 WIB
PermataBank Bersama Bangkok Bank Fasilitasi Transaksi QR Lintas Negara


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mempermudah transaksi lintas negara pada sektor UMKM dan pariwisata, Presiden Joko Widodo bersama Bank Indonesia (BI) meresmikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) antar negara. Untuk mendukung inisiasi pemerintah dalam memperkuat ekosistem perbankan, PermataBank sebagai bagian dari Bangkok Bank Group, menghadirkan inovasi teknologi untuk permudah transaksi lintas negara melalui QR Pay Cross-Border.  

PermataBank telah menghadirkan fitur QR Pay Cross-Border dalam aplikasi mobile banking PermataMobile X. Implementasi QRIS antar negara menjadi sebuah alat transaksi antar negara, terutama ASEAN agar lebih efisien. Dengan begitu, transaksi UMKM dan dunia pariwisata antar negara pun menjadi lebih mudah. Dengan hadirnya alat transaksi terbaru ini, QRIS saat ini sudah dapat digunakan di Thailand.

Kini, masyarakat hanya memindai atau scan barcode untuk melakukan transaksi di Thailand, mereka tidak perlu menggunakan uang atau valuta asing sehingga perjalanan keluar negeri pun menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.  

Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank mengatakan, saat ini sektor UMKM dan pariwisata masih menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Dengan hadirnya sistem pembayaran terbaru ini, nasabah dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, serta dalam jaringan yang lebih luas dan tak terbatas pada satu negara.

Baca Juga: Transaksi QRIS di Thailand Baru Bisa Pakai Tujuh Bank dan 1 e-wallet, Ini Alasannya

Selain itu, PermataBank juga ingin mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi transaksi lintas negara di ASEAN melalui QR Pay Cross-Border serta mewujudkan ekosistem cashless society.

"Dengan semakin mudahnya akses transaksi lintas negara menggunakan QR code, hal ini membuka kesempatan bagi UMKM dan pariwisata Indonesia untuk menjangkau pasar global," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8).

Partisipasi PermataBank dalam implementasi fitur QR Pay Cross-Border menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam optimalisasi inovasi teknologi untuk sistem pembayaran nasional. Potensi transaksi pembayaran QR di Thailand dilihat sangat besar. Sebab, Thailand yang merupakan salah satu destinasi populer turis dari Indonesia dan juga perkembangan layanan pembayaran QR di Thailand berkembang sangat pesat.

Berdasarkan data di tahun 2021, saat ini sudah ada lebih dari 5 juta merchants di Thailand bisa menerima metode pembayaran QR. Lalu, hampir 80% dari masyarakat Thailand memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi atas metode pembayaran QR dan 87% menyatakan metode ini lebih nyaman.

Dengan Bangkok Bank sebagai pemegang saham pengendali dari PermataBank, PermataBank percaya bahwa hal ini juga akan turut menguatkan potensi transaksi QR pay Cross-Border PermataMobile X di Thailand.  

Untuk dapat menggunakan QR PermataBank dalam melakukan pembayaran di Thailand, nasabah dapat melakukan update ke versi PermataMobile X terbaru di Playstore (Android) & App Store (IOS) Versi 1.40.14 dan kemudian menggunakan layanan QR Pay yang terdapat di aplikasi PermataMobile X.

Saat nasabah melakukan scan QR (Thai QR Payment) merchant di Thailand, maka secara otomatis sistem akan mendeteksi QR tersebut dan nasabah akan dapat langsung memproses transaksi nya dalam mata uang rupiah.  

Sejak peluncurannya, perkembangan transaksi QR di PermataBank melalui aplikasi PermataMobile X terus meningkat pesat dengan data per Juli 2022 yang naik 418% year-on-year (yoy). Hal ini juga diikuti dengan meningkatnya volume transaksi QR via PermataMobile X sebesar 528% yoy.

Baca Juga: QRIS BSI Kini Bisa Dipakai Bertransaksi Saat Jalan-jalan ke Thailand

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×