kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permudah pembayaran, OYO Indonesia gandeng OVO dan GoPay


Jumat, 09 Oktober 2020 / 13:05 WIB
Permudah pembayaran, OYO Indonesia gandeng OVO dan GoPay
ILUSTRASI. Hotel OYO


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. OYO Indonesia menggandeng OVO dan GoPay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pembayaran dan proses refund bagi pelanggan OYO. 

Country Head OYO Hotels and Home Indonesia Agus Hartono Wijaya mengatakan, kerja sama tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan pelayanan bagi para tamu di Indonesia. Sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan pada ekosistem OYO melalui kanal digital sehingga mengurangi kontak fisik. 

"Layanan e-wallet ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran serta pengajuan refund melalui aplikasi OYO. Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit atau kredit, atau e-wallet," kata Agus dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (8/10). 

Baca Juga: Merambah bisnis di luar akomodasi, OYO Indonesia buka gerai kopi

Untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund. Kemudian mereka dapat mengakses link yang ada di email tersebut untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email, dan nomor telepon. 

"Kemudian, tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, OYO akan segera memproses permintaan tersebut," jelas dia.

Integrasi sistem pembayaran ini juga turut hadir sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out

Melalui digitalisasi sistem pembayaran ditambah dengan fitur contactless check-in yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, memungkinkan tamu dapat melakukan seluruh proses pemesanan kamar, check-in dan pembayaran dengan lebih seamless melalui perangkat pintar mereka, tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel.

Adanya peraturan pembatasan wilayah yang dilakukan pemerintah saat awal masa pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana. Meskipun begitu, Selama enam bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana, dan saat ini OYO telah menyelesaikan lebih dari 99.4% permintaan pengembalian dana tersebut. 

Hal ini berarti hanya terdapat sekitar 0,6% pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana saat ini, dikarenakan OYO masih menunggu tamu untuk menginput nomor rekening/e-wallet melalui link yang diberikan. 

Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat, seperti email yang tidak lengkap, nomor telepon atau detil rekening bank yang diberikan tidak tepat. 

Baca Juga: Murah dekat Bandara Halim Perdanakusuma, tiga Hotel OYO ini bisa jadi pilihan

Melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, OYO menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan secara lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama satu minggu. 

Prioritas utama OYO adalah selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset, tamu, dan karyawan. 

"Kami berharap bahwa kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program sanitize stay serta contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO, terlebih di masa pandemi saat ini,” pungkas Agus.

Selanjutnya: OYO gandeng Simas Insurtech dan Qoala beri asuransi tamu hotel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×