kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pertumbuhan Kinerja Himbara Ciamik di Kuartal I-2022, Bank Mandiri Paling Kinclong


Jumat, 20 Mei 2022 / 12:45 WIB
Pertumbuhan Kinerja Himbara Ciamik di Kuartal I-2022, Bank Mandiri Paling Kinclong
ILUSTRASI. Kinerja positif bank Himbara sejalan dengan terus membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional di sepanjang tiga bulan tahun ini./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/25/06/2021.


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA-Industri perbankan di Tanah Air terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik, sehingga cepat pulih dari tekanan badai pandemi Covid-19. Ini terutama jika melihat sejumlah kinerja bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara). Sebut saja seperti Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN, yang berhasil meraih kinerja positif sepanjang kuartal pertama 2022.

Mengutip laporan keuangan nonconsolidated (bank only) atau tidak menyertakan kinerja anak usaha, indikator kinerja bank-bank Himbara pada tiga bulan pertama tahun ini, mencatat persentase pertumbuhan dua digit secara tahunan atau year on year (yoy). Namun, dari empat bank BUMN tersebut, Bank Mandiri tercatat yang kinerja paling baik.

Kiswoyo Adi Joe, analis pasar modal dari Reswara Gian Investa mencatat, pada kuartal I-2022, manajemen Bank Mandiri dinilai jauh lebih berhasil dalam mengoptimalkan kinerjanya dibanding bank milik negara lainnya.

Dia mencontohkan, manajemen Bank Mandiri lebih baik dalam mengoptimalkan asset dan modal (equity) untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) Bank Mandiri.

Pertumbuhan ROA Mandiri pada kuartal I-2022 lebih baik dibanding bank Himbara lainnya, yakni mencapai 1,12%. Sementara, BRI mencatat pertumbuhan ROA sebesar 0,91% dan ROA BNI hanya tumbuh sebesar 0,83% yoy.

Baca Juga: Catat, Inilah Sederet Bank Pencetak Laba Terbaik

Lantas, untuk ROE tier 1 Mandiri, mencatat pertumbuhan tertinggi mencapai 8,94%, dibanding pertumbuhan ROE BRI sebesar 3,64% dan ROE BNI tumbuh 5,58%. Adapun, pendapatan bunga Bank Mandiri mencapai Rp 18,9 triliun, tumbuh 6,9% yoy.

Pertumbuhan itu jauh lebih besar ketimbang pertumbuhan pendapatan bunga BRI 4,3% yoy. Sementara itu, BNI dengan pendapatan bunga sebesar Rp 12,5 triliun, mencatat pertumbuhan pendapatan bunga sebesar 1,7% yoy.

Manajemen Bank Mandiri juga berhasil menurunkan beban bunga secara drastis dari Rp 4,8 triliun menjadi Rp 3,8 triliun alias turun 21,4%. Sementara, biaya bunga di BRI turun sebesar 16,9% dan biaya bunga di BNI hanya turun sebesar 0,3%.

Hal itu membuat pendapatan bunga bersih (NII) Mandiri bisa mencapai Rp 15,2 triliun, tumbuh pesat 17,3%, dibanding NII BRI yang tumbuh 10,1% dan BNI tumbuh sebesar 2,3%

Begitupula dalam hal pendapatan operasional sebelum pencadangan (Pre-Provisioning Operating Profit/PPOP), Mandiri berhasil meraih Rp 14,0 triliun atau tumbuh 28,3%, jauh lebih baik dari BRI yang hanya mencatat pertumbuhan sebesar 21,7% dan pertumbuhan PPOP BNI sebesar 14,3% yoy.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×