Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengapresiasi nasabah PNM Mekaar yang aktif dan kreatif. Usaha rumah tangga memiliki potensi besar untuk bisa menembus pasar nasional dan internasional jika mau berupaya lebih.
“Mental ibu-ibu pengusaha rumahan ini perlu terus dibangun agar tumbuh rasa percaya diri dan optimis bahwa usahanya bisa bersaing bahkan sampai ekspor," kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam keterangannya, Selasa (4/2).
"Itulah pentingnya membangun jejaring usaha supaya saling sinergi, berbagi inspirasi dan menghasilkan kreativitas yang menarik perhatian publik,” jelas Arief.
Arief menambahkan, komitmen PNM dalam membantu naik kelasnya usaha rumah tangga tercermin dari pemberian modal bukan hanya finansial, tetapi juga intelektual dan sosial guna memberi nilai tambah.
Baca Juga: WOM Finance Terapkan Sejumlah Strategi untuk Dorong Pertumbuhan Piutang Pembiayaan
Salah satu nasabah PNM yang kreatif mendorong pengembangan produk adalah Ida Ridawati, pengusaha ultra mikro asal Tarogong Kidul Garut merasakan antusias masyarakat saat dirinya mengembangkan jenis abon dari ikan tongkol.
Ia merasa abon jenis ini masih belum banyak ditemui di pasaran dan rasanya memang khas dan banyak disuka oleh semua kalangan. Ida yang memulai usaha sejak 2018 saat ini telah memiliki produk yang diakui dengan keluarnya hak kekayaan intelektual dan juga sertifikasi halal.
Awalnya ia merasakan kesulitan memasarkan produknya, tetapi setelah kemasannya diperbaiki dan urus dokumen perizinan usaha, orang-orang mulai percaya abon tongkol merek Twinnietwoes sehat serta halal. Ia menyebut PNM berkontribusi positif dalam membantu mengembangkan kemasan produk menjadi lebih menarik serta membantu pemasaran produk abon tongkol miliknya.
Selanjutnya: Wall Street Reli: Indeks S&P 500, Nasdaq Menguat Ditopang Saham Megacap
Menarik Dibaca: Warna Magenta Bikin Rumah Lebih Enerjik dan Indah
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News