CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.926   -32,00   -0,20%
  • IDX 7.137   -77,78   -1,08%
  • KOMPAS100 1.092   -10,78   -0,98%
  • LQ45 871   -4,94   -0,56%
  • ISSI 215   -3,31   -1,52%
  • IDX30 446   -2,03   -0,45%
  • IDXHIDIV20 539   -0,53   -0,10%
  • IDX80 125   -1,22   -0,96%
  • IDXV30 135   -0,43   -0,32%
  • IDXQ30 149   -0,44   -0,29%

Popularitas Layanan Transaksi dengan Metode QRIS Terus Meningkat


Sabtu, 22 Juni 2024 / 22:35 WIB
Popularitas Layanan Transaksi dengan Metode QRIS Terus Meningkat
ILUSTRASI. Popularitas layanan transaksi dengan metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kian meningkat. ANTARAFOTO/Andri Saputra/Spt.


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Karena kemudahan yang ditawarkannya, layanan transaksi dengan metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) semakin populer.

Heru Sutadi, Pengamat Teknologi dan Direktur Eksekutif Institut ICT, menyoroti kehadiran QRIS. Menurutnya, layanan ini sangat mudah diakses karena dapat diakses melalui dompet digital dan bank.

"Kemudahan pembayaran melalui QRIS memungkinkan keuangan diakses dari berbagai sumber, baik dari perbankan maupun e-wallet. QRIS bersifat netral," ujarnya kepada KONTAN, Senin (17/6).

Meski demikian, Heru mencatat bahwa layanan ini masih didominasi oleh perbankan, mengingat peran Bank Indonesia sebagai regulator. Oleh karena itu, Heru mendorong dompet digital untuk berinovasi agar tidak kalah bersaing dengan bank, misalnya melalui kerjasama strategis.

Baca Juga: Berikut Cara Tata Cara Bikin QRIS dan EDC di BCA

Dengan demikian, meskipun perbankan mendominasi, dompet digital tetap dapat mengeksplorasi berbagai sumber bisnis dan meraih pendapatan.

"Kuncinya adalah memiliki pengguna atau komunitas yang menggunakan layanan e-wallet tersebut. Misalnya, OVO dengan Grab, ShopeePay dengan Shopee, atau GoPay dengan Gojek," jelasnya.

Heru juga berharap agar regulator tetap menjaga netralitas terhadap layanan QRIS agar persaingan di industri ini tetap sehat.

Untuk informasi tambahan, Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa sejak tahun 2021 hingga kuartal pertama 2024, volume transaksi layanan QRIS mencapai 4,47 miliar dengan nilai transaksi sebesar Rp459,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×