kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Portofolio investasi Jasa Raharja masih didominasi reksadana pendapatan tetap


Kamis, 05 September 2019 / 10:16 WIB
Portofolio investasi Jasa Raharja masih didominasi reksadana pendapatan tetap
ILUSTRASI. Santunan Jasa Raharja

Reporter: Agustinus Respati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Raharja mencatat yield on investment sebesar 4,83% sejak awal tahun hingga Juli. Perusahaan asuransi pelat merah ini mengantongi imbal hasil investasi tersebut dengan strategi penempatan aset.

Direktur Keuangan Jasa Raharja Myland mengatakan, kondisi bursa saham dinilai cukup menantang di semester I-2019 kemarin. Urusan penempatan investasi, reksadana pendapatan tetap mendominasi portofolio Jasa Raharja.

Baca Juga: Tak lagi jadi calon induk holding BUMN asuransi, ini kata Jasa Raharja

"Kalau 50% dari portofolio investasi kami ada di reksadana pendapatan tetap. Porsi terbesar kedua di obligasi, kemudian deposito, baru sebagian kecil di saham," kata Myland, Rabu (4/9).

Dia mengatakan, Jasa Raharja selalu melihat momentum yang ada di pasar. Misal, harga surat utang sedang turun, maka perusahaan asuransi ini akan beli banyak.

Baca Juga: Jasa Raharja catat klaim Rp 1,5 triliun hingga bulan Juli

Myland menjelaskan, pada semester I-2019, pihaknya mengurangi porsi untuk obligasi dan sukuk. Namun, hal tersebut dibarengi dengan meningkatnya porsi investasi ke deposito.

"Ketentuan untuk sukuk kami kan memang 20%. Saat ini kami sudah melebihi ketentuan tersebut. Penempatan ke deposit meningkat karena kemarin kami melakukan pembayaran dividen, jadi kami perlu alokasikan ke deposito dulu," terangnya.




TERBARU

Close [X]
×