kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Premi Taspen Life mencapai Rp 1,17 triliun di kuartal III 2019


Jumat, 11 Oktober 2019 / 16:45 WIB
Premi Taspen Life mencapai Rp 1,17 triliun di kuartal III 2019
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) Maryoso Sumaryono (tengah) saat memberikan paparan kinerja Taspen Life di Jakarta, Kamis (28/2). Selama Tahun 2018 Taspen Life pendapatan premi perusahaan berhasil mencapai Rp 528,12 miliar meningkat se


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberhasilan PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menumbuhkan premi sebesar 216,09% di periode September 2019 merupakan achievement yang sangat bagus bagi anak perusahaan PT Taspen (Persero) yang baru berdiri di tahun 2014.

Pendapatan premi di kuartal III 2019 mencapai Rp 1,17 triliun, pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun lalu untuk periode sama sebesar Rp369 miliar.

Kenaikan premi tersebut disumbang oleh pertumbuhan premi asuransi kumpulan sebesar 204,45% dan premi asuransi individu yang meningkat sebesar 300,45% dari tahun lalu.

Baca Juga: Perkuat Sinergi, bank bjb dan PT. Taspen Jajaki Potensi Kerja Sama Baru

Pertumbuhan premi asuransi individu yang cukup signifikan meningkatkan jumlah polis/peserta asuransi individu sebesar 1.709% dibandingkan tahun lalu.

“Taspen Life telah siap masuk pada target pasar asuransi individu, dengan tetap mempertahankan target pasar asuransi kumpulan” ujar Maryoso Sumaryono, Direktur Utama pada acara press conference Taspen Life, Jumat (11/10).

Selain itu, di kuartal yang sama Taspen Life membukukan hasil investasi sebesar Rp205 miliar atau tumbuh hingga 18,68% dibandingkan periode sebelumnya yang membukukan hasil investasi sebesar Rp172 miliar.

Baca Juga: Sampai Juni 2019, utang pemerintah ke Taspen capai Rp 5,3 triliun

Hal tersebut seiring juga dengan pertumbuhan total pendapatan mencapai 161,75% atau Rp1,36 triliun dari periode sebelumnya sebesar Rp521 miliar, sehingga berpengaruh positif kepada laba yang tumbuh sebesar 114,42% dari laba September 2018 sebesar Rp39 miliar menjadi Rp84 miliar pada September 2019. 

“Hal yang mendorong keberhasilan Taspen Life di kuartal III 2019 ini, selain adanya perluasan pangsa pasar, Taspen Life terus meningkatkan sinergi dengan induk perusahaan (PT Taspen),” ujar Maryoso Sumaryono. 

Jumlah Total Aset tumbuh sebesar 26,35% atau Rp4,37 triliun pada tahun 2019 dari Rp3,46 triliun pada tahun 2018, pertumbuhan Total Aset sebagaian besar bersumber dari pertumbuhan Aset Investasi sebesar 34,06% dari Rp3,14 triliun pada tahun 2018 menjadi Rp4,21 triliun pada tahun 2019.

Baca Juga: Sampai Juni 2019, premi Taspen Life sudah menembus Rp 683 miliar

Taspen Life terus meningkatkan kinerjanya dari segala sisi termasuk dalam melakukan penetrasi pasar, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah polis/peserta pada September 2019 sebesar 8,18% atau sebanyak 606.618 polis/peserta dari periode sebelumnya yakni sebanyak 560.758 polis /peserta.

Taspen Life terus berkomitmen untuk menjaga kepercayaan Pemegang Polis/Peserta, salah satu caranya dengan membayarkan klaim tepat waktu, sampai dengan Kuartal III 2019 kami telah membayarkan klaim kepada peserta sebesar Rp329,84 miliar.

Komposisi pembayaran klaim tersebut yaitu Klaim Habis Kontrak 65%, Klaim Meniggal Dunia 31% dan Klaim Surrender 4%.

Baca Juga: Taspen Life akan masuk holding asuransi BUMN

“Taspen Life berkomitmen untuk membayarkan klaim tepat waktu sesuai yang diperjanjikan, hal tersebut didukung dengan adanya klaim pro-aktif bagi peserta employee benefit yang mencapai habis kontrak” ujar Indra, Direktur Teknik dan Operasional.

Dalam rangka mempertahankan eksistensi Perusahaan dalam era Digital, sejak tahun 2018 Taspen Life telah mempersiapkan sistem untuk mendukung pemasaran produk asuransi melalui digital, yang memudahkan para penyalur distribusi pemasaran khususnya para Financial Advisor dalam melakukan penjualan produk Taspen Life dengan aplikasi digital bernama MyTaspenLife yang dapat diakses melalui smartphone.

Aplikasi MyTaspenLife dihadirkan untuk memudahkan para Financial Advisor dalam melakukan penetrasi, di mana Financial Advisor diberikan kemudahan dalam melakukan proses pendaftaran, pembayaran premi melalui Virtual Account, Pencetakan Polis Digital sampai dengan pengecekan Account Statement.

Baca Juga: Taspen Life targetkan laba bersih tumbuh 50% di tahun 2019

Diharapkan dengan adanya Aplikasi MyTaspenLife ini dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan kepercayaan calon Pemegang Polis/Peserta. 

Dengan kemudahan layanan dan produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan Pemegang Polis/Peserta serta kinerja perusahaan yang optimal, diharapkan Taspen Life akan terus menjadi #pendampinghidup terbaik bagi masyarakat Indonesia”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×