kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Progres peralihan ke kartu debit berbasis chip di BCA sudah mencapai 85%


Kamis, 12 Agustus 2021 / 17:12 WIB
Progres peralihan ke kartu debit berbasis chip di BCA sudah mencapai 85%
ILUSTRASI. Petugas kasir membantu konsumen yang melakukan pembayaran dengan kartu debit di sebuah kedai kopi di Jakarta, Senin (13/1). Progres peralihan ke kartu debit berbasis chip di BCA sudah mencapai 85%.


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia mewajibkan penggunaan kartu chip 100% mulai 1 Januari 2022, sesuai Surat Edaran BI No. 17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online Enam Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) turut mendukung ketentuan regulator perbankan dalam mendorong nasabah mengimplementasikan chip pada kartu debit BCA, untuk mengurangi tindak kejahatan dalam bertransaksi perbankan.

“Hingga Juni 2021, jumlah kartu debit BCA tercatat sekitar 24 juta dimana sekitar hampir 20,6 juta, atau setara dengan 85% sudah menggunakan chip,” ujar Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn kepada KONTAN, Kamis (12/8).

Baca Juga: Bank Mandiri sesuaikan limit tarik tunai di ATM menjadi Rp 20 juta

Hera menjelaskan, untuk melakukan pertukaran kartu, nasabah dapat melakukan di hampir 900 mesin CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia ataupun di kantor cabang BCA.

Peralihan kartu berteknologi chip ini memungkinkan nasabah juga bisa melakukan transaksi debit secara daring, dengan mengaktifkannya melalui BCA mobile.

“Perseroan berharap dapat mencapai hasil yang optimal di tahun ini, dengan lebih mengintensifkan edukasi, mempermudah dan memperluas akses untuk penukarannya, disamping adanya promosi untuk mendorong konversi tersebut. Dapat kami sampaikan juga bahwa semua mesin ATM dan EDC BCA sudah mampu membaca kartu ATM chip,” tutup Hera.

Selanjutnya: Bank Mandiri (BMRI) sesuaikan limit tarik tunai di ATM, ini besarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×