kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Punya aset Rp 2,2 miliar, Kopkar Muara Tunggal minta jadi mitra PLUT


Kamis, 08 Agustus 2019 / 16:06 WIB
Punya aset Rp 2,2 miliar, Kopkar Muara Tunggal minta jadi mitra PLUT

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna mengembangkan bisnis, Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Muara Tunggal meminta restu kepada Kementerian Koperasi dan UKM menjadi mitra Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Ketua Kopkar Muara Tunggal Sudarno menyatakan dengan bermitra dengan PLUT, Koperasi bisa mendapatkan pendampingan usaha, maupun pelatihan-pelatihan. Apalagi keberadaan koperasi sebagai wadah pembedayaan karyawan agar tidak terjebak dalam bisnis para tengkulak yang memberikan pinjaman kepada karyawan dengan bunga tinggi.

Baca Juga: Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) beroperasi di Bengkulu

“Kami ini komunitas khusus, yang kami perlukan adalah mitra untuk pengembangan usaha baik bermanfaat bagi koperasi, maupun mitranya. Kalau ada mitra saya pikir kegiatan usaha akan cepat dan koperasi pun akan lebih berkembang,” ungkap Sudarno dalam keterangan tertulis, pada Kamis (8/8).

Kopkar Muara Tunggal berdiri sejak Januari 2008. Per Agustus 2019, Kopkar ini memiliki anggota sebanyak 3.572 orang, dengan jumlah aset Rp 2,2 miliar.

Jenis usaha antara lain pemenuhan kebutuhan pokok (sembako), pemberian pinjaman uang dengan bunga lunak, serta memfasilitasi kredit perumahan (KPR) bagi anggota.

Baca Juga: Tahun ini, Kemkop UKM bangun 5 PLUT

“Di PLUT itu tidak mesti menunggu pelaku KUMKM datang, alangkah baiknya PLUT juga berkunjung ke wilayah potensi koperasi atau UKM untuk menyambungkan jejaring. Sayang juga kalau karyawan meskipun gajinya besar, tapi di lingkup organisasi pekerja sendiri tidak ada organisasi untuk membina,” tambah Sudarno.

Menanggapi permintaan itu, Kemkop UKM mengaku siap memfasilitasi Kopkar Muara Tunggal agar menjadi mitra PLUT Sukabumi. Diharapkan ke depan kedua belah pihak bisa menjalin kemitraan strategis dalam membina anggota koperasi.

Baca Juga: Kemenkop dan UKM bicara mengenai tantangan PLUT-KUMKM Go to Global

Dengan demikian Kopkar Muara Tunggal bisa lebih berkembang lagi sehingga memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan anggota.

Program PLUT mulai diluncurkan tahun 2013 dan hingga kini telah terealisasi pembangunan 72 unit PLUT yang tersebar pada 26 Provinsi dan 46 kabupaten/kota. Salah satunya ada di Kabupaten Sukabumi.


Tag

Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×