kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resep Freelancer Bisa Merdeka Finansial


Kamis, 01 Juli 2021 / 19:58 WIB
Resep Freelancer Bisa Merdeka Finansial
ILUSTRASI. Sebagai pekerja freelance tidak menutup kemungkinan untuk dapat mengelola keuangan dengan baik. Dengan penempatan di bunga deposito terbaik


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Majunya industri kreatif turut mengubah perspektif publik tentang pekerjaan tradisional. Saat ini, banyak orang memilih untuk beralih bekerja paruh waktu, bekerja lepas, atau bahkan bekerja penuh sambil menjadi seorang freelancer.

Di sisi lain, kehidupan finansial para freelancer juga tidak dapat diprediksi karena besaran gaji yang tak menentu. Terlebih, pendapatan para freelancer tidak meliputi berbagai tunjangan, cuti berbayar, dan cara sistematis untuk mendanai pensiun.

Pandemi bisa menjadi salah satu situasi sulit yang dihadapi oleh freelancer. Tetapi, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang dibutuhkan dalam mengatur keuangan freelancers saat pandemi Corona masih berlangsung.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengumpulkan Dana Pensiun

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat seluruh pengeluaran rutin bulanan. Mulai dari pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, bayar cicilan, belanja barang kebutuhan pribadi, pengeluaran kebutuhan investasi, hingga pengeluaran untuk hiburan. Berangkat dari sana, Anda bisa memproyeksikan jumlah anggaran yang dibutuhkan setiap bulannya.

Meskipun jumlah penghasilan mengacu pada dinamika ketersediaan proyek, Anda tetap perlu memiliki target penghasilan per bulan. Setidaknya, nominalnya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti makan, listrik, air, dan sewa atau cicilan hunian.

Dari sisi lifestyle, sebaiknya Anda tidak menjadikannya sebagai prioritas utama guna mencukupi kebutuhan pokok.

Jika Anda mendapatkan proyek yang bernilai fantastis, justru ini adalah kesempatan Anda menambah alokasi dana investasi, bahkan meningkatkan keahlian dan pengembangan diri, seperti mengikuti kelas atau pelatihan.

Salah satu cara menabung dan berinvestasi adalah memisahkan rekening. Anda bisa memiliki rekening khusus untuk menyimpan uang pemasukan hasil freelance dan satunya untuk pengeluaran pribadi.

Rekening freelance digunakan untuk akun bisnis untuk seluruh pemasukan dari klien atau pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan freelance Anda. Rekening Pribadi digunakan untuk segala kebutuhan pribadi, mulai dari sisihan pemasukan yang dikhususkan untuk kebutuhan pribadi hingga pengeluaran pribadi.

Dengan menggunakan rekening pribadi, Anda harus menyisihkan pemasukan untuk ditabung sebagai dana darurat. Oleh karena pemasukan Anda sebagai pekerja lepas bersifat fluktuatif, jumlah dana darurat yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan pada umumnya.

Jika Anda ingin memiliki rekening tabungan yang bisa memberikan imbal hasil, sebaiknya menempatkan dana tersebut pada instrumen deposito. Salah satu bank yang menawarkan program deposito dengan bunga kompetitif adalah PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank).

Selama Juli ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo, yakni menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito sebesar 6% per tahun dan tabungan 4,15% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Juli hingga 31 Juli 2021. Nasabah lama maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Dana kepesertaan minimum adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk Tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Nasabah dapat memperoleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program bundling deposito J Trust One tersebut, dengan persyaratan dana yang tersimpan pada Tabungan J Trust One akan ditahan (hold) dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program bundling deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Kepesertaan program bundling deposito J Trust One tidak dapat diperpanjang. Namun, untuk produk deposito yang telah jatuh tempo pada program ini dapat diperpanjang dengan ketentuan suku bunga standar (counter rate).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program - program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×