kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rights issue Bukopin (BBKP), Kookmin akan beli saham Bukopin Rp 190 per saham?


Senin, 15 Juni 2020 / 14:36 WIB
Rights issue Bukopin (BBKP), Kookmin akan beli saham Bukopin Rp 190 per saham?
ILUSTRASI. Kookmin Bank bakal menyerap saham baru Bank Bukopin (BBKP).


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana Penawaran Umum Terbatas (PUT) V atau rights issue PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) terus bergulir. Kookmin Bank bakal menyerap saham baru BBKP tersebut. Menurut sumber KONTAN yang mengetahui rencana ini membisikkan, harga rights issue akan dipatok sebesar Rp 190 per saham.

"Sudah deal," kata sumber itu. Namun, sampai berita ini ditayangkan, manajemen Bank Bukopin belum bisa menyebut besaran harga rights issue.

Kalau merujuk pada rights issue yang pernah dilakukan BBKP pada tahun 2018 lalu, harga tersebut terbilang sangat rendah. Kala itu, Kookmin Bank membeli saham Bukopin seharga Rp 570 per saham atau 0,75% dari price to book value (PBV).

Baca Juga: OJK tegaskan Kookmin masih berkomitmen jadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam keterangan resminya menegaskan, pemegang 22% saham Bank Bukopin yakni KB Kookmin Bank telah menempatkan dana ke rekening penampung (escrow account) senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun (kurs Rp 14.000 per dolar AS).

Menurut OJK, dana yang ditempatkan sebagai bukti komitmen KB Kookmin Bank untuk memperkuat permodalan sekaligus menjadi pemegang saham pengendali di Bank Bukopin. Kini, proses pengambilalihan saham ini masih dalam tahap finalisasi dan pemenuhan dokumen administratif.

"OJK menegaskan bahwa Kookmin Bank telah melakukan penempatan dana di escrow account per 11 Juni 2020 sesuai komitmen Kookmin Bank," terang Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (15/6).

OJK juga menyebutkan, sesuai jadwal, Bank Bukopin juga akan melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terkait rencana penambahan kepemilikan saham Kookmin Bank menjadi 51%. Bila hal ini berjalan mulus, tentunya KB Kookmin Bank bakal menjadi Pemegang Saham Pengendali Tunggal (PSPT) di Bank Bukopin.

Sebelumnya mengutip artikel yang dimuat Kontan.co.id pada 20 Februari 2020 lalu, Bank Bukopin bakal menerbitkan 2,3 miliar saham baru lewat rigths issue. Memakai asumsi jumlah penerbitan saham yang sama, artinya total dana yang bakal ditampung Bank Bukopin hanya sebesar Rp 437 miliar saja dengan harga Rp 190 per lembar saham.

Sebagai tambahan informasi, pada akhir pekan lalu, saham BBKP menguat 22% ke posisi Rp 206 per saham. Sementara hingga pukul 14.28 WIB, Senin (15/6), harga saham BBKP turun 3,88% menjadi Rp 198 per saham.

Baca Juga: Berikut penjelasan terbaru OJK terkait kabar batalnya KB Kookmin ke Bukopin (BBKP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×