Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini McKinsey & Company mengumumkan laporan tren terbaru perbankan digital di Asia terutama di Indonesia. Dalam laporan ini terhadap beberapa poin yang bisa dicernati.
Guillaume de Gantes, Partner, Indonesia, McKinsey & Company mengatakan berdasarkan riset yang telah dilakukan kepada 17.000 orang di 15 negara di Asia, Indonesia merupakan negara tercepat yang melakukan adopsi digital. “Proses digitalisasi di Indonesia berada di level yang cukup bagus dibandingkan dengan Brazil dan China,” kata Guillaume de Gantes dalam penjelasannya, Senin (11/2).
Selain pertumbuhan adopsi digital Indonesia tercepat di dunia, cara masyarakat Indonesia mengkonsumsi konten digital juga mengalami perubahan. Masyarakat Indonesia terutama di perkotaan banyak menggunakan dua sampai 3 produk layanan digital perbankan.
McKinsey juga mengungkap bahwa penggunaan smartphone dalam layanan digital perbankan diproyeksi bisa meningkatkan adopsi literasi dan inklusi keuangan semakin meningkat.
Seiring hal ini, McKinsey juga mencermati pola masyarakat Indonesia mengkonsumsi produk digital banking perbankan yang agak berbeda dengan negara Asia lain. Jika di negara lain loyalitas nasabah menggunakan produk jasa tertentu rendah, di Indonesia menunjukkan hal sebaliknya.
McKinsey mencatat dari total masyarakat hanya 5% saja yang menggunakan produk non perbankan. Sisanya layanan keuangan di Indonesia masih didominasi oleh bank. Selain itu, perusahaan riset ini juga memproyeksi kedepan arah fintech dengan perbankan di Indonesia adalah kolaborasi dibandingkan kompetisi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News