kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Saham-saham bank mini melonjak di tengah kabar BNI akan akuisisi bank kecil


Senin, 18 Oktober 2021 / 16:19 WIB
Saham-saham bank mini melonjak di tengah kabar BNI akan akuisisi bank kecil
ILUSTRASI. Menara BNI Pejompongan, Jakarta Pusat. Saham-saham bank mini melonjak di tengah kabar BNI akan akuisisi bank kecil.

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga saham-saham bank kecil merangsek di tengah kabar PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dikabarkan akan melakukan akuisisi bank kecil sebagai langkah perseroan masuk ke bank digital. 

Pejabat Kementerian BUMN seperti dilansir Antara, Senin (18/10) menyebutkan bahwa manajemen BNI siap membidik bank kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I atau BUKU II sebelum peraturan OJK terkait penggolongan bank resmi berubah menjadi kelompok bank berdasarkan modal inti (KBMI).

Pejabat yang mengetahui rencana akuisisi tersebut menambahkan, BNI juga akan menggandeng perusahaan fintech. 

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono tidak membantah maupun mengiyakan kabar tersebut. Dia hanya menjelaskan bahwa BNI saat ini tengah fokus melakukan digitalisasi produk dan proses bisnis secara digital baik untuk melayani konsumer banking maupun bisnis banking. 

Baca Juga: Bank Negara Indonesia (BBNI) dikabarkan berencana mengakuisisi bank kecil

"Kami akan mendigitalkan platform internal, membangun produk digital dan memodernisasi layanan eksisting, mengembangkan ekosistem digital dengan layanan API open banking," kata YB pada Kontan.co.id, Selasa (18/10). Dengan layanan BNI API, perseroan dapat melakukan lebih banyak kolaborasi dengan fintech serta e-commerce.

Saham PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) tercatat naik paling kencang. Pada penutupan perdagangan, Senin (18/10), saham BNBA naik 15,6% ke  level Rp 1.595. Disusul saham PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) naik 10,6% ke level Rp 1.355. Saham PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) naik 9% ke level Rp 266, PT Bank Capital  Indonesia Tbk (BACA) meningkat 5,1% ke level Rp 328, PT Bank Ganesha Tbk (BGTG) naik 4,1% ke level Rp 179, dan PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) naik 2,9% ke level Rp 288.

BNI memang sudah merencanakan melakukan ekspansi anorganik tahun ini. Sebelumnya  Royke Tumilaar, Direktur Utama BNI mengatakan, perseroan akan mengakuisisi perusahaan yang bergerak di lembaga keuangan berbasis digital.

Baca Juga: BNI (BBNI) dikabarkan siap akuisisi bank kecil, siapa yang dibidik?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×