kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejak 2018, BJB Sudah Salurkan Kredit Mikro Berbunga 0% Tanpa Agunan Rp 52,5 Miliar


Minggu, 26 Februari 2023 / 17:28 WIB
Sejak 2018, BJB Sudah Salurkan Kredit Mikro Berbunga 0% Tanpa Agunan Rp 52,5 Miliar
Penyaluran kredit mikro berbunga 0% dan tanpa agunan BJB Mesra.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jauh sebelum usul Kementerian BUMN mencuat, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) telah memiliki program kredit mikro 0%. Program bernama Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) ini merupakan kerja sama Bank BJB dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

“Produk ini diberikan melalui kelompok pada rumah ibadah, tanggung renteng, tanpa bunga, cukup membayar biaya administrasi saja," kata Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi kepada Kontan.co.id pada Jumat (24/2). 

Ia menambahkan kredit bjb Mesraini  merupakan pembiayaan bagi jemaah di sekitar rumah ibadah antara lain Masjid, Klenteng, Vihara, Gereja atau Pura. Pembiayaan ini tanpa bunga dan agunan untuk usaha mikro perorangan yang belum bankable dengan plafon maksimal Rp 5 juta. 

Baca Juga: Kementerian BUMN Usul Kredit Mikro Bunga 0%, Ini Alternatif Skemanya Menurut Pengamat

“Pinjaman ini tanpa bunga serta tanpa agunan dengan nilai pinjaman sampai dengan Rp5 juta per orang dalam sistem kelompok, silahkan diinisiasi oleh masyarakat sekitar”, tambahnya. 

Hingga akhir Januari 2023, penerima manfaat kredit bjb Mesra telah tersebar di 13 kota dan 21 kabupaten se-Indonesia. Sejak 2018, bank bjb total telah menyalurkan kredit ini senilai  Rp 52,5 miliar kepada belasan ribu penerima manfaat.

Adapun Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, program bjb Mesra ini merupakan program unggulan dari bank bjb untuk memberantas rentenir, yang memberikan pinjaman uang dengan suku bunga yang tinggi dan harus memiliki agunan.

Ia tidak mau rakyat Indonesia jadi korban rentenir yang sekarang pindah ke digital menjadi pinjaman online (Pinjol) ilegal. Ridwan Kamil menambahkan dulu diintimidasi oleh debt collector, sekarang diintimidasi melalui digital dengan menyebar wajah kita yang pinjol. Jadi, inilah solusinya.

Baca Juga: Kredit Perbankan Mengalir Deras di Awal Tahun 2023

Ridwan Kamil mengungkapkan untuk program ini, kredit macetnya sangat kecil sekali hanya 1,3%. Ini menandakan Mesra ini sukses dan lancar. Dengan itu, ia meminta media massa memperluas informasi ini khususnya di wilayah Sumatera Utara. 

“Masyarakat bisa datang ke bank bjb, ikuti prosedurnya dan langsung dibantu oleh sistem kredit bjb Mesra. Yang singkatannya, adalah Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera,” jelas Ridwan Kamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×