kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah bank siapkan rencana layanan buka rekening baru lewat digital banking


Minggu, 03 Maret 2019 / 18:27 WIB
Sejumlah bank siapkan rencana layanan buka rekening baru lewat digital banking


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank bersiap meluncurkan layanan pembukaan rekening secara digital. Salah satunya adalah PT Bank Central Asia Tbk yang akan meluncurkan pembukaan rekening tanpa harus datang ke kantor cabang. 

Presiden Direktur Bank BCA (BBCA) Jahja Setiaatmadja menyatakan fitur ini akan hadir pada 11 Maret mendatang. Namun Jahja belum mau merinci terkait pembukaan rekening lewat digital banking ini. 

Lantaran akan segera diluncurkan. Meski demikian, Jahja mengaku secara jumlah, transksi di digital banking mendominasi.

"Terdapat 97% transaksi terjadi di digital, bukan lagi di kantor cabang. Namun secara nilai transaksi, masih besar di cabang. Karena transaksi besar seperti kliring, cek, giro harus di cabang belum bisa discan. Namun transaksi harian sudah banyak di digital," tambah Jahja baru-baru ini.

Jahja menyebut dii BCA sendiri setiap harinya terjadi 22 juta kali transaksi. Bahkan menjelang lebaran, Jahja menyatakan transkasi bisa mencapai 27 juta hingga 30 juta transaksi. 

Oleh sebab itu pada tahun ini BCA menganggarkan belanja modal untuk penguatan tekonologi informasi sebesar Rp 5,2 triliun. Sedangkan belanja modal khusus digital banking sekitar Rp 1 triliun.

Sebelumnya Jahja menyebut BCA juga akan mengurangi penambahan cabang. BCA hanya berencana untuk menambah cabang kecil 20 unit, cabang besar sekitar 70 hingga 100 unit. Begitupun dengan penambahan mesin ATM. Jahja menyatakan penambahan pada tahun ini tidak akan sebesar penambahan tahun lalu.

Bank Commonwealth juga punya rencana serupa. Head of Wealth Management & Client Growth Bank Commonwealth Ivan Jaya menyebut sebelum Lebaran tahun 2019 ini pihaknya juga akan meluncurkan fitur pembukaan rekening lewat digital banking.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×