CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,47   -0,52   -0.05%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Siap jadi bank digital, BRI Agro migrasi ke Google Cloud


Minggu, 07 November 2021 / 11:19 WIB
Siap jadi bank digital, BRI Agro migrasi ke Google Cloud
ILUSTRASI. Direktur Utama BRI Agro Kaspar Situmorang (kiri) bersama direksi saat RUPSLB BRI Agro di Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) siap menjadi bank digital. Bank yang berubah nama menjadi PT Bank Raya Indonesia Tbk ini memilih Google Cloud sebagai penyedia cloud utama.

Secara khusus, BRI Agro akan bekerjasama dengan Google Cloud dalam beberapa area strategis seiring dengan ekspansinya untuk mewujudkan inklusi keuangan untuk seluruh masyarakat. 

CEO BRI Agro Kaspar Situmorang mengatakan, pihaknya akan memindahkan aplikasi perbankan inti dan perbankan internal ke cloud publik untuk ketahanan dan keandalan. BRI Agro akan memanfaatkan Google Cloud wilayah Jakarta yang diluncurkan lebih dari setahun yang lalu. 

"BRI Agro dapat memanfaatkan latensi yang lebih rendah, skala yang lebih baik, dan keamanan tingkat tinggi sambil memenuhi persyaratan kepatuhan lokal dan mengoptimalkan biaya infrastruktur," kata Kaspar, Kamis (4/11). 

Hal ini mendorong personalisasi konsumen dengan membangun strategi cloud data di Google Cloud. Seiring beralihnya konsumen ke platform online, BRI Agro dapat meningkatkan layanan yang sama dari bank ke sektor internet lainnya seperti e-commerce. 

Baca Juga: BRI Agro catatkan kerugian, laba bersih BRI secara konsolidasi lebih rendah dari bank

Google Cloud membantu BRI Agro memigrasikan platform big data dan manajemen datanya ke cloud, memungkinkan bank digital untuk mengelola siklus hidup pelanggan end-to-end secara daring sejak hari pertama dan memberikan pengalaman pelanggan yang personal kepada mereka yang belum terlayani perbankan.

Selain itu, BRI Agro merangkul arsitektur layanan mikro dan Open Banking API untuk agilitas bisnis. Dengan begitu, bank dapat berinovasi dan meluncurkan penawaran baru dengan cepat berkat Kubernetes dan Apigee Open Banking API, sehingga BRI Agro dapat terhubung ke konsumen.

"Google Cloud memberi BRI Agro keamanan untuk melindungi data perbankan dan membantu bank digital menjaga kepatuhan terhadap peraturan, pencegahan penipuan, dan keamanan secara menyeluruh," terangnya. 

Kolaborasi antara Google dan BRI sudah dibangun sebagai bagian dari transformasi digital BRIvolution. BRI Agro sebagai anak perusahaan BRI, melanjutkan perjalanan menjadi bank digital dan melanjutkan kolaborasi sukses tersebut dengan menggunakan Google Cloud.

Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie mengatakan inovasi dalam layanan keuangan dan kemampuan beradaptasi di dunia pasca pandemi diatur oleh disrupsi teknologi. 

"Kami bangga dapat menyediakan platform Cloud yang kuat dan aman yang memungkinkan masyarakat di gig economy di seluruh Indonesia untuk mengakses layanan keuangan lebih cepat dengan BRI Agro, dan untuk mendukung misi BRI dalam meningkatkan inklusi dan ketahanan keuangan,” terangnya. 

Selanjutnya: Meski belum signifikan, bank ikut kebagian berkah laba anak perusahaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×