kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,54   8,38   1.01%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Siapkan Dari Sekarang, Ini Siasat Menabung untuk Umrah


Selasa, 22 Juni 2021 / 12:00 WIB
Siapkan Dari Sekarang, Ini Siasat Menabung untuk Umrah

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Umrah merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan modal besar. Umrah sendiri bersifat sunnah, yakni jika dijalankan akan mendapatkan pahala, jika tidak pun tidak akan berdosa. Namun, sama halnya seperti ibadah haji, ibadah umrah dianjurkan bagi mereka yang sudah mampu.

Anda harus tahu bagaimana cara menabung untuk umrah untuk mewujudkan impian Anda untuk pergi ke Baitullah. Hal tersebut penting dilakukan karena ada biaya yang harus Anda bayarkan untuk pergi menjalankan ibadah umrah, misalnya akomodasi, penerbangan, dan biaya jasa perusahaan penyedia layanan umrah. Belum lagi biaya pribadi yang akan Anda keluarkan selama berada di Tanah Suci.

Anda harus melakukan survei guna mengetahui biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah umrah. Anda bisa bertanya kepada anggota keluarga, kolega, atau teman yang sudah pernah menjalankan ibadah umrah. Catat semua informasi yang mereka berikan secara detail, dari mulai biaya yang harus disiapkan sebelum berangkat umrah, biaya yang dibutuhkan selama berada di Tanah Suci, dan biaya lainnya yang mungkin harus dipersiapkan.

Baca Juga: Minimalkan Risiko, Ini Jurus untuk Diversifikasi Investasi

Selanjutnya, tentukan jangka waktu. Jika Anda sudah mengetahui kisaran jumlah uang yang ingin dikumpulkan, Anda bisa memperkirakan berapa lama kita mampu menabung. Jangka waktu ini tentu disesuaikan dengan jumlah uang yang bisa Anda sisihkan secara rutin.

Setelah perkiraan biaya Anda dapatkan, saatnya mulai merealisasikan niat Anda beribadah umrah dengan cara menabung. Pilihannya banyak, Anda bisa menabung di rumah dengan menyisihkan uang per hari, atau bisa juga membuka tabungan umrah yang kini ditawarkan oleh banyak bank.

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi dari bank yang menawarkan bunga simpanan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito juga menawarkan produk simpanan berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai instrumen investasi jangka pendek sampai menengah. Jadi, deposito cocok digunakan untuk tempat menabung biaya umrah.

Salah satu investasi yang aman dan dengan modal terjangkau sebagai tabungan umrah adalah deposito dari PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank). Terbaru, J Trust Bank menawarkan aneka program deposito dengan bunga spesial di mana dalam salah satu programnya deposan hanya perlu menempatkan dana minimum Rp500.000.

Program tersebut adalah program Special Rate Deposito Rupiah J Trust dengan bunga deposito mencapai 6,50% untuk tenor 3 bulan dan bunga 6,75% untuk tenor 6 bulan. Program ini ditawarkan oleh J Trust Bank pada 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021.

Dalam program ini, penempatan dana hanya dalam mata uang Rupiah dan hanya berlaku atas nama perorangan. Bunga deposito dalam program ini adalah special rate. Dalam program ini, minimum penempatan dana Rp500.000 dan maksimum Rp20 juta.

Program ini juga cocok bagi mahasiswa yang mau melakukan investasi sejak dini. Dengan dana yang minim, program Special Rate Deposito Rupiah J Trust juga bisa menjadi tabungan untuk kebutuhan masa depan.

Kepesertaan program ini juga tidak dapat dilakukan break program. Namun, jika terpaksa dilakukan, nasabah dikenakan penalti dan hanya pada bulan berjalan, yakni dengan memberikan suku bunga yang sama dengan suku bunga tiering Tabungan J Trust yang berlaku.

Di samping itu, simpanan nasabah pada bank berlaku peraturan terkait Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan nilai simpanan yang dijamin untuk setiap nasabah pada satu bank adalah sesuai dengan yang ditentukan dalam Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Alhasil investasi ini minim risiko sehingga dapat dipertimbangkan untuk masuk sebagai saluran dana umrah Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×