kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rencana Bisnis DANA Setelah Bergabung dengan Grup Sinarmas


Minggu, 06 Maret 2022 / 16:08 WIB
Simak Rencana Bisnis DANA Setelah Bergabung dengan Grup Sinarmas
ILUSTRASI. Fitur?Bill Payment dan Kirim Uang di aplikasi DANA


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup Sinarmas akan masuk ke dompet digital DANA melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA), dan menjadi salah satu pemegang saham terbesar melalui entitas anak PT DSST Dana Gemilang.

DSST Dana Gemilang telah menandatangani perjanjian-perjanjian bersyarat pada (28/2), untuk berinvestasi dalam PT Elang Andalan Nusantara selaku perusahaan pemilik PT Espay Debit Indonesia Koe senilai US$200 juta atau sekitar Rp 2,87 triliun.

Asal tahu saja, Elang Andalan Nusantara memiliki anak usaha yang mengoperasikan platform dompet elektronik DANA. 

VP of Corporate Communications DANA Indonesia Putri Dianita Ruswaldi mengungkapkan bahwa rencana investasi dari entitas Grup Sinarmas merupakan bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital. 

Baca Juga: Mengapa Makin Banyak Fintech Akuisisi Bank?

"Kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem digital yang dimiliki oleh DSST dan berbagai pemangku kepentingan," jelas Putri kepada kontan.co.id, Sabtu (5/3).

Putri menyebut, penyelesaian atas rencana investasi akan bergantung pada persetujuan-persetujuan dari otoritas berwenang yang terkait. Oleh karena itu, kata Putri, manajemen Dana belum bisa berbicara lebih jauh terkait berbagai lanjutan terkait rencana investasi ini.

"Informasi lebih rinci mengenai rencana investasi ini akan disampaikan apabila semua persyaratan dan persetujuan dari otoritas yang berwenang terpenuhi," ujar Putri.

DANA memang terus berkomitmen untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital di Tanah Air. Komitmen tersebut diwujudkan baik melalui inovasi dengan terus melakukan pembaruan atau menghadirkan fitur baru, maupun melalui kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan. 

Baca Juga: Bank Digital Siapkan Layanan Kredit Lewat Aplikasi

Berdasarkan rencana bisnis Dana di tahun ini, DANA memang akan berfokus dalam mengoptimalkan pengalaman bertransaksi digital pengguna dengan memperluas fiturnya termasuk menyediakan layanan finansial kepada konsumen dan menambahkan beberapa inisiatif untuk merchant.

Beberapa inisiatif tersebut termasuk menyederhanakan proses on boarding dan integrasi dengan mitra, serta meluncurkan beberapa produk yang berkaitan dengan asuransi dan pinjaman (paylater).

Melalui kolaborasi dengan DSST tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu kolaborasi strategis yang dilakukan untuk memperluas fitur baru dalam aplikasi Dana.

Dilansir dari keterbukaan informasi, manajemen DSSA menyebut, rencana investasi ini dilakukan sebagai bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital. 

Penyelesaian atas rencana investasi akan bergantung pada pemenuhan syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian penyertaan modal, termasuk persetujuan-persetujuan dari otoritas berwenang yang terkait. Setelah penyelesaian atas rencana investasi, DSST akan menjadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×