kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,19   5,86   0.65%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMF serahkan operasi standar KPR ke BPD


Senin, 07 Agustus 2017 / 14:22 WIB
SMF serahkan operasi standar KPR ke BPD


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) menyerahkan Standar Operasi Prosedur (SOP) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan SOP Kredit Modal Kerja-Konstruksi Perumahan (KMK-KP) SMF kepada 25 BPD di seluruh Indonesia. Ini dalam rangka memperkuat kapasitas strategis Bank Pembangunan Daerah (BPD) dalam penyaluran Kredit Penyaluran Rumah (KPR).  

SMF berkerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) dalam penyerahan kedua SOP tersebut di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (7/8). SOP tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR, Lana Winayanti, kepada masing-masing Direksi BPD.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo mengatakan, kedua SOP tersebut bertujuan untuk memperkuat peran strategis BPD dalam menjalankan dan meningkatkan pembiayaan perumahan dalam memenuhi kebutuhan perumahan di daerahnya masing-masing.

Annata berharap, SOP itu dapat mewujudkan pengelolaan KPR dan KMK-KP yang efektif dan efisien demi meningkatkan penyaluran KPR dan KMP-KP oleh BPD. "Dengan begitu dapat mendorong realisasi keterjangkauan dan kemudahan akses kepemilikan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Menengah Rendah (MBR) di berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Ananta di Jakarta, Senin (7/8).

SOP KMK-KP terdiri dari kebijakan dan alur kerja yang memuat konsep dan rantai nilai yang sudah terintegrasi dengan SOP KPR BPD SMF. Petunjuk operasi terstandar tersebut diharapkan dapat membantu menjawab tantangan penyaluran KPR oleh BPD di daerahnya masing-masing, khususnya dalam hal mempermudah akses kredit modal kerja. 

Sementara itu SOP KP BPD SMF terdiri dari kebijakan dan alur kerja yang memuat konsep rantai nilai akuisisi KPR mencakup kegiatan origination, underwriting, dan servicing hingga credit recovery untuk BPD.

SMF merupakan BUMN yang mengemban tugas membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan melalui sekuritisasi dan pembiayaan. Di tahun 2017, SMF tengah fokus untuk meningkatkan kerja sama dengan BPD seluruh Indonesia. Hingga saat ini, SMF telah bekerja sama dengan 11 BPD untuk pembiayaan dan sudah ada 23 BPD yang telah mengikuti program pelatihan KPR SMF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×