CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Standard Chartered gandeng Bukalapak luncurkan tabungan dengan teknologi baru


Senin, 07 Juni 2021 / 21:30 WIB
Standard Chartered gandeng Bukalapak luncurkan tabungan dengan teknologi baru


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan teknologi di bidang finansial kembali digugah dengan diluncurkannya rekening tabungan on-boarding berbasis teknologi teranyar. Rekening tabungan yang sepenuhnya digital ini merupakan buah dari kolaborasi yang memanfaatkan ekosistem e-commerce, untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih inklusif dan menyeluruh bagi masyarakat. 

Standard Chartered Bank Indonesia dengan Bukalapak menawarkan aplikasi mobile layanan perbankan digital yang mengusung teknologi tanpa verifikasi tatap muka. Proses know your client yang diusung menggunakan kecerdasan artifisial, pengenalan biometri wajah dan validasi KTP elektronik.

Prioritas dari aplikasi layanan finansial ini adalah keamanan data nasabah dengan menggunakan teknologi Nexus, solusi Banking-as-a-Service (BaaS) dari Standard Chartered. Sistem ini mengaplikasikan pendekatan pertahanan berlapis untuk mengamankan layanan ini dari beragam ancaman dan serangan siber canggih mulai dari peniruan identitas nasabah hingga penyusupan perangkat seluler atau infrastruktur sisi server. 

Baca Juga: Bank Mandiri memprediksi cadangan devisa naik hingga US$ 1 miliar pada Mei 2021

Kendali keamanan Nexus oleh Standard Chartered telah disesuaikan untuk memenuhi persyaratan bank dan regulator dengan mengimplementasikan enkripsi kelas industri (TLS1.2) untuk mengamankan data sensitif yang dalam transmisi dan yang tersimpan, untuk menjaga data tersebut dari potensi pengintaian.

Selain itu, untuk menjamin validasi identitas nasabah yang sah sebelum akses diberikan ke rekening milik nasabah dan ke layanan aplikasi perbankan ini, ada autentifikasi multi-faktor dalam bentuk identifikasi perangkat dan soft token PIN. Sistem intelijen Nexus oleh Standard Chartered juga memantau rekening dan transaksi untuk aktivitas mencurigakan selama 24 jam.

"Posisi strategis dan pentingnya Indonesia di kawasan ini meyakinkan kami untuk memilih Indonesia sebagai lokasi pertama untuk meluncurkan teknologi baru Nexus by Standard Chartered. Dengan bermitra bersama Bukalapak, kami menciptakan solusi finansial untuk memberikan pengalaman transformatif yang berfokus pada nasabah, yang membawa konsep perbankan konvensional namun diadaptasikan ke dunia digital yang serba terkoneksi, dengan tetap menjalankan sistem pengamanan bank untuk melindungi kerahasiaan data nasabah," ujar Andrew Chia, Cluster CEO, Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei, Filipina) Standard Chartered, dalam siaran persnya, Senin (7/6).

Sebagaimana dikatakan Victor Lesmana, Presiden BukaFinancial & Digital, bentuk layanan digital baru ini memungkinkan untuk menjangkau pasar massal di seluruh Indonesia. Kolaborasi Standard Chartered dengan Bukalapak menjadikan layanan perbankan digital ini untuk menggabungkan manfaat jangkauan platform e-commerce dan Banking-as-a-Service untuk memberikan akses layanan dari berbagai kalangan masyarakat. 

Baca Juga: Bosowa Corporindo dan KB Kookmin Bank bakal serap rights issue Bukopin

Selain dari fitur keamanan, nasabah juga bisa menikmati bonus bunga dengan pembelanjaan minimum di Bukalapak dan bebas transfer atau penarikan tunai per bulan tanpa biaya admin.

Setelah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rekening tabungan digital ini masih menunggu persetujuan dari Bank Indonesia sebelum digunakan oleh masyarakat. 

Selanjutnya: Bank Himbara mulai proses diskusi restrukturisasi utang BUMN bermasalah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×