kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Strategi Bank Rakyat Indonesia (BBRI) memperlebar bisnis kredit mikro


Minggu, 15 Agustus 2021 / 10:30 WIB
Strategi Bank Rakyat Indonesia (BBRI) memperlebar bisnis kredit mikro


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Bisnis kredit mikro bakal semakin ketat. Pasalnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan masuk lebih dalam lagi ke bisnis kredit mikro.

Sebagai bagian menjadi holding ultra mikro, BRI menargetkan punya 45% penyaluran kredit ke segmen mikro dari total portofolio pada 2025 mendatang. Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan, salah satu produk dari holding ini akan menjangkau kredit di bawah Rp 10 juta.

Saat ini, 60 juta orang belum bisa capai mengakses pembiayaan yang formal. Ia ingin dalam waktu tahun mendatang sebanyak sebanyak 30 juta ke sektor formal.

Baca Juga: Asing catat net sell Rp Rp 846 miliar sepekan, saham-saham ini banyak diobral

Ia mengaku saat ini sektor ultra mikro lebih banyak dilayani institusi keuangan non bank dan informal. Oleh sebab itu, kredit holding juga akan beragam .Mulai dari jasa pegadaian hingga pemberdayaan dengan social lending milik PNM.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto bilang BRI memang memiliki salah satu misi dalam melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin. Guna mencapai 45% kredit mikro di 2025, BRI menggunakan strategi go smaller, go shorter dan go faster.

Sekretaris Perusahaan BRI, Aestika Oryza Gunarto menjelaskan, penetapan target lebih kecil, perputaran pinjaman lebih cepat serta pemrosesan lebih cepat dan hal itu bisa dicapai BRI melalui transformasi digital. Nantinya untuk mendapatkan efisiensi serta menciptakan nilai baru melalui new business model.

"Ultra mikro tentu akan menjadi salah satu sumber pertumbuhan baru bagi BRI ke depannya," ujar Aestika kepada KONTAN pada Jumat (13/8).

Baca Juga: BRI targetkan portofolio kredit segmen mikro jadi 45% pada 2025, berikut strateginya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×