kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,86   4,52   0.66%
  • EMAS909.000 -0,87%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Tahun ini, Mandiri Capital akan suntik dana ke startup hingga Rp 65 miliar


Kamis, 13 September 2018 / 15:32 WIB
Tahun ini, Mandiri Capital akan suntik dana ke startup hingga Rp 65 miliar
ILUSTRASI. Eddi Danusaputro, Direktur Utama Mandiri Capital

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) tengah mengejar target pembiayaan ke perusahaan rintisan atau startup di 2018. Sepanjang tahun ini, perusahaan modal ventura ini telah menyediakan stok pendanaan hingga Rp 65 miliar.

Direktur Utama Mandiri Capital Eddi Danusaputro mengaku, telah mengeluarkan dana sekitar Rp 30 miliar untuk membiayai dua perusahaan startup di awal tahun ini. Rencananya, bakal ada dua startup tambahan lagi yang akan dibiayai.


“Tahun 2018 kami sudah berinvestasi kepada dua startup, dan akan menambah dua perusahaan lagi. Untuk dua perusahaan itu, kami menyiapkan dana yang tersisa sekitar Rp 25 miliar-Rp 35 miliar, meskipun nilainya masih bergantung pada valuasi,” kata Eddi kepada Kontan.co.id, Kamis (13/9).

Sementara tambahan dua startup lagi, masih dalam tahap penjajakan dan pengujian, apakah memenuhi syarat untuk dibiayai atau tidak. Sebelumnya, ia mengaku bahwa startup tersebut, berasal dari sektor Human Resource Information System (HRIS), teknologi pertanian (agrigetch) dan juga personal finance.

“Kami sengaja membantu pendanaan di sektor HRIS, sekaligus membantu usaha kecil dan menengah dari sisi keuangan yang terkait sistem pembayaran,” ungkapnya.

Seperti diketahui, MCI telah banyak membiayai banyak perusahaan startup, yaitu Privyid, Moka, Amartha, CaShlez, Yokker, Digital Artha Media, Investree dan Koinworks. 

Menurutnya, bisnis modal ventura merupakan investasi jangka panjang, yang bisa dinikmati dalam waktu hingga lima tahun ke depan.

Meskipun masih pemain baru, anak usaha PT Mandiri Capital amat memahami industri modal ventura. Tingkat keberhasilan kinerja modal ventura bisa dilihat dari berbagai aspek, seperti total dana kelola, penyertaan ekuitas, return dan pengaruhnya terhadap pembukaan lapangan kerja baru.

MCI merupakan perusahaan modal ventura yang berada di bawah naungan Mandiri Group, yang berperan menjembatani antara investor dan wirausaha dari kalangan startup. Dari kerjasama ini, MCI akan menawarkan modal investasi, jaringan nasabah, mitra serta program inkubator ekslusif.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×