kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak mau kalah dari fintech, bank genjot kredit online


Kamis, 16 Januari 2020 / 11:04 WIB
Tak mau kalah dari fintech, bank genjot kredit online


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menghadang gempuran perusahaan teknologi finansial (fintech), sejumlah bank terus mendorong penyaluran kredit konsumer via platform daring maupun kerja sama pembiayaan.

Paling anyar, ada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang pada Rabu (15) teken kerja sama dengan Traveloka untuk pembiayaan fitur paylater. Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo bilang melalui kerja sama ini, perseroan berpotensi menyalurkan hingga Rp 6 triliun.

Baca Juga: OJK: Sepanjang 2019 kredit perbankan hanya tumbuh 6,08%

“Siapa saja kini bisa merencanakan perjalanan liburan dan penunjang gaya hidup tanpa perlu harus menyediakan dana pembayarannya saat itu juga,” kata Anggoro kepada Kontan.co.id, Rabu (15/1).

Ia juga menambahkan, bagi bank berlogo angka 46 ini kerja sama dengan Traveloka juga diharapkan turut mendongkrak penyaluran kredit konsumer perseroan.

Tahun ini, Anggoro bilang perseroan menargetkan untuk meraih pertumbuhan kredit konsumsi double digit. Kredit pemilikan rumah (KPR), dan payroll loan akan jadi andalan penopang pertumbuhan.

“Tahun lalu, kredit konsumsi kami jadi salah satu pendorong pertumbuhan total kredit dengan pertumbuhan di kisaran 7,5% hingga 8,5%. Ini di atas rata-rata industri yang tumbuh 6,5% per Oktober 2019,” sambungnya.

Baca Juga: Cukup ngobrol dengan VIRA via Asisten Google, nasabah BCA bisa dapat info promo

Kompatriot BNI yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kini juga makin serius mendorong platform pinjam daring miliknya yaitu Ceria yang baru saja diluncurkan pertengahan Desember 2019 lalu.

Seperti fitur paylater, Ceria dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi di merchant rekanan BRI dan dapat melakukan pembayaran dengan cicilan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×