kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tanggapan WanaArtha Life Soal Kondisi Keuangannya yang Diungkap OJK


Senin, 07 Februari 2022 / 15:27 WIB
Tanggapan WanaArtha Life Soal Kondisi Keuangannya yang Diungkap OJK
ILUSTRASI. WanaArtha Life buka suara setelah OJK mengungkapkan kondisi kesehatan keuangan WanaArtha.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (WanaArtha Life) buka suara setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan kondisi kesehatan keuangan WanaArtha dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI. 

Presiden Direktur WanaArtha Life Yanes Y. Matulatuwa memberikan apresiasi kepada OJK yang dengan serius memperhatikan dan sekaligus mengayomi seluruh nasabah WanaArtha. “Kami menegaskan kepada seluruh nasabah, bahwa hak-hak nasabah adalah prioritas utama kami,” ujar Yanes dalam keterangan tertulis, Senin (7/2).

Yanes bilang, pihaknya terus memperjuangkan dana nasabah yang saat ini masih disita Kejaksaan Agung. Saat ini, proses hukum masih dalam pemeriksaan di tingkat kasasi. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tingkat pertama telah mengabulkan seluruh keberatan yang diajukan WanaArtha Life dalam putusan nomor 15/PID.SUS/KEBERATAN/TPK/2020.

Sekadar informasi, dalam rapat OJK bersama Komisi XI DPR-RI, disebutkan risk based capital (RBC) Wanaartha Life berada di posisi minus 2.018,53% per September 2021. Kemudian, rasio kecukupan investasinya hanya sebesar 1,31% karena aset investasinya disita terkait perkara hukum di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan rasio likuiditasnya hanya sebesar 0,25%.

“Perusahaan juga berupaya untuk tetap meneruskan keberlangsungan korporasi dan terus melayani nasabah serta memperjuangkan hak-hak nasabah dengan terus berupaya mengembalikan aset perusahaan yang disita,” imbuh Yanes.

Baca Juga: Aset investasi industri asuransi jiwa tumbuh 10,8% per September 2021

Sementara itu, pemegang saham dan manajemen perusahaan saat ini tengah mengupayakan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan pembicaraan dengan beberapa calon investor strategis dan melakukan pengetatan anggaran di dalam operasional Perusahaan. 

WanaArtha Life juga tengah menyiapkan skema pembayaran dalam waktu dekat serta akan mempertimbangkan untuk melakukan pembayaran secara bertahap/cicilan sesuai kemampuan Perusahaan.

WanaArtha Life secara intensif masih terus melakukan komunikasi dengan OJK mengenai pemulihan kesehatan keuangan sebagaimana rencana penyehatan keuangan perusahaan yang telah disampaikan kepada OJK.

"Kami berharap OJK berkenan memberikan waktu kepada WanaArtha Life untuk melakukan berbagai upaya. Termasuk saat ini pemegang saham dan manajemen masih melakukan proses negosiasi secara intensif dengan calon investor strategis, sehingga perusahaan segera dapat melaksanakan kewajibannya,” kata Yanes.

Baca Juga: OJK jatuhkan sanksi pembatasan kegiatan usaha WanaArtha Life

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×