kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Temukan Fraud pada Oknum Agen, Astra Life Pilih Jalur Hukum


Rabu, 25 Januari 2023 / 18:31 WIB
 Temukan Fraud pada Oknum Agen, Astra Life Pilih Jalur Hukum
Astra Life memilih jalur hukum untuk mengusut dugaan penipuan yang dilakukan oknum


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah ramai dikabarkan melakukan dugaan penipuan, PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life pun akhirnya memiliki jalur hukum untuk mengusut dugaan ini.

Astra Life telah memasukkan laporan melalui Bareskrim Polri pada 18 Januari 2023 dan saat ini proses penyelidikan masih terus berlangsung.

Kuasa Hukum Astra Life Otto Hasibuan mengungkapkan bahwa langkah tersebut diambil setelah penelusuran internal mengungkapkan bahwa adanya upaya tindakan yang dilakukan oleh oknum agen.

Sebelumnya, ada 24 nasabah Astra Life yang menyampaikan bahwa buku polis tidak diterima. Oleh karenanya, mereka meminta pengembalian premi 100% dengan nilai total sekitar Rp 1,2 miliar.

Otto menjelaskan bahwa hasil pengecekan dokumen internal, ditemukan bahwa buku polis sudah dikirim namun tak berhasil terkirim dan kembali ke pihak Astra Life.

Baca Juga: Astra Life Buka Suara Terkait Keluhan 24 Nasabah di Jawa Timur

Kuasa Hukum Astra Life Otto Hasibuan memaparkan kelanjutan dugaan fraud pada oknum agen Astra Life.

“Setelah ada kasus ini kami cek memang ada yang polisnya balik tapi karena kita kirim ke alamat yang disebutkan nasabah namun tidak tinggal di situ atau alamatnya tidak lengkap,” jelasnya.

Lebih lanjut, Otto juga menyebutkan bahwa ada nasabah juga yang awalnya mengaku tidak menerima polis ternyata setelah dicek polis sudah diterima tapi tetap minta pembatalan premi.

Dengan adanya fakta-fakta yang ditemukan tersebut, ia menduga ada modus-modus atau fraud yang direncanakan sehingga diharapkan bisa diusut melalui proses hukum.

“Artinya dibuat alamatnya tidak jelas atau tidak lengkap sesuai yang sebenarnya. ini yang mau kami usut ada apa sebenarnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Astra Life Gandeng PermataBank Hadirkan Produk Asuransi AVA Infinite Protection

Sementara itu, ia menghimbau terhadap nasabah yang memang memiliki kendala terhadap polisnya bisa langsung menghubungi Astra Life untuk mendapatkan penjelasan.

“Kalau memang dia layak harus kita kembalikan preminya, ya kita kembalikan, kalau memang tidak sampai polisnya bukan karena sesuatu hal, pasti kita selesaikan,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×